Mohon tunggu...
Grace KeziaFebriana
Grace KeziaFebriana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Student Majoring in Communication Science at Atma Jaya University Yogyakarta

Nugas terus, refreshing kapan?

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Simak Perkembangan Jurnalisme di Indonesia dari Masa ke Masa

4 Oktober 2021   11:23 Diperbarui: 4 Oktober 2021   11:24 59 2 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sejarah perkembangan jurnalisme di Indonesia dimulai pada masa pendudukan belanda hingga saat ini era reformasi yang membawa hadirnya jurnalisme multimedia di Indonesia.

Yukk kita simak, 5 masa perkembangan Jurnalisme di Indonesia. Dimulai dari masa kependudukan Belanda kemudian berlanjut ke masa kependudukan Jepang, Era Orde Lama, Era Orde Baru, hingga Era Reformasi yang melahirkan Jurnalisme Multimedia di Indonesia hingga saat ini.

Masa Kependudukan Belanda

Sumber: republika.co.id
Sumber: republika.co.id

Memories der Nouvelles merupakan surat kabar pertama yang menandai hadirnya jurnalisme pada masa kependudukan belanda. Surat kabar ini diterbitkan pada tahun 1615 oleh Jan Pieterzoon Coen yang merupakan Gubernur Jenderal VOC.

Pada awalnya surat kabar pada masa ini masih ditulis menggunakan tangan. Hingga pada akhirnya, tahun 1688 dapat ditulis menggunakan mesin cetak. Mesin cetak ini dikirim dari Belanda oleh pemerintah Hindia Belanda.

Surat kabar yang berhasil diproduksi menggunakan mesin cetak ini, pada awal cetakannya berisi tentang ketentuan dan perjanjian yang dibuat antara Sultan Makassar dengan Belanda pada masa itu.

Setelah itu, perlahan-lahan mulai bermunculan surat kabar yang diterbitkan oleh masyarakat pribumi serta masyarakat turunan etnik Tionghoa yang lainnya. Surat kabar yang diterbitkanpun mengunakan beberapa bahasa, diantaranya seperti bahasa Belanda, Jawa, Cina, serta bahasa daerah lainnya.

Pada masa ini, surat kabar yang berhasil diproduksi ada 30 surat kabar berbahasa Belanda, 27 berbahasa Indonesia, serta pada pertengahan abad ke-19 diterbitkan 1 surat kabar berbahasa Jawa.

Masa Kependudukan Jepang

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan