Mohon tunggu...
Grace KeziaFebriana
Grace KeziaFebriana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Student Majoring in Communication Science at Atma Jaya University Yogyakarta

Nugas terus, refreshing kapan?

Selanjutnya

Tutup

Film

Kenal Lebih dalam Sosok Raditya Dika Sebagai Auteur di Indonesia

27 September 2021   18:21 Diperbarui: 27 September 2021   19:05 94 7 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kenal Lebih dalam Sosok Raditya Dika Sebagai Auteur di Indonesia
Sumber: Tangkapan Layar Instagram @raditya_dika 

Siapa sih yang tidak mengenal sosok Raditya Dika? Penulis, komedian, sutradara, serta aktor yang memiliki nama lengkap Dika Angkasaputra Moerwani Nasution ini berhasil menghiasi industri perfilman di Indonesia.


Raditya Dika lahir di Jakarta, 28 Desember 1984. Ia mulai mengawali karirnya sebagai seorang blogger. Isi di dalam bloggernya pun membahas mengenai kehidupan serta pengalaman pribadinya sehari-hari pada saat berkuliah di Adelaide (Australia).

Tak disangka-sangka tulisan yang dibuat oleh Raditya Dika menarik perhatian para pembacanya. Hingga pada akhirnya, ia mulai membuat buku dari tulisannya sendiri yaitu "Kambing Jantan: Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh" yang diterbitkan pada tahun 2005.

Kesuksesan dari buku pertamanya, membuat ia banyak menerbitkan beberapa buku lagi. "Cinta Brotosaurus" (2006), "Radikus Makankakus: Bukan Binatang Biasa" (2007), "Babi Ngesot" (2008), "Marmut Merah Jambu" (2010), hingga "Manusia Setengah Salmon" (2011). Pada setiap buku yang diterbitkan, genre komedi tetap menjadi bagian utama dari setiap tulisannya. Hal inilah yang membuat buku-buku Radit laris di pasaran.

Dibalik kesuksesan di setiap bukunya, membuat produser tertarik untuk membuatkan film dari setiap karya tulisannya. Tak disangka, Radit pun turut menjadi penulis skenario sekaligus aktor dalam film debutnya pada tahun 2009 yang berjudul "Kambing Jantan: The Movie".

Mendapatkan banyak respon baik dari setiap penontonnya, Raditya Dika akhirnya memvisualisasikan novelnya menjadi film layar lebar. Tak hanya berhenti menjadi penulis skenario dan aktor saja, ternyata Raditya Dika juga menjadi sutradara  dibalik setiap karya-karyanya.

Lalu film karya Raditya Dika apa sajakah yang berhasil  ia tulis, perankan, serta sutradarai? Mari kita bahas.

FILM HASIL KARYA RADITYA DIKA

Sumber: Tangkapan Layar Poster Film Raditya Dika
Sumber: Tangkapan Layar Poster Film Raditya Dika


Raditya Dika berhasil menulis, perankan, serta menyutradarai 8 film hasil karyanya. Film-film tersebut antara lain "Marmut Merah Jambu" (2014), "Malam Minggu Miko The Movie"  (2014), "Single" (2015), "Koala Kumal" (2016), "Hangout" (2016), "The Guys" (2017), "Target" (2018), serta "Single Part 2" (2019).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan