Mohon tunggu...
Grace KeziaFebriana
Grace KeziaFebriana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Student Majoring in Communication Science at Atma Jaya University Yogyakarta

Nugas terus, refreshing kapan?

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Ulik Perkembangan Jurnalisme di Negeri Kanguru

27 September 2021   09:39 Diperbarui: 27 September 2021   18:25 106 5 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Negara Australia merupakan negara yang berkembang secara pesat dalam hal industri media. Masa Koloni New South Wales merupakan tonggak utama dari kemunculan media di Australia.


Pada awal munculnya media di Australia, pemberitaan yang disebarkan adalah hukum serta peraturan yang harus ditaati oleh setiap masyarakat. Mesin cetak portable yang menggunakan bahan dasar dari kayu dan besi juga merupakan alat yang digunakan untuk mencetak surat berita tersebut.

Lalu seperti apa awal mula perkembangan surat kabar di Australia? Mari kita ulik.

Sydney Gazzete merupakan surat kabar pertama di Australia. Surat kabar ini dibentuk oleh George Howe pada tahun 1803.

Awalnya berita yang diluncurkan oleh Sydney Gazzete di dominasi oleh berita yang berisi informasi dari pemerintahan. Selain itu, pemberitaan yang terjadi pada masa koloni juga menjadi isi berita dari surat kabar ini.

Teknik pengumpulan berita dari Sydney Gazzetepun bisa dikatakan cukup menarik. Di mana George Howe menggunakan cara untuk mengisi konten beritanya dengan relomendasi cerita dari masyarakat.

Cerita relomendasi dari masyarakatpun dapat disampaikan melalui kotak yang sudah disedikan oleh George Howe di depan kantornya.

Namun, berita yang diterbitkan oleh surat kabar pada masa itu sering sekali sudah menjadi expired. Hal ini dapat terjadi karena surat kabar baru dapat diterima masyarakat 10-14 minggu kemudian dari tanggal terbitnya.

Lamanya pengiriman surat kabar tersebut dapat terjadi karena jarak yang terlalu jauh.

Semakin meningkatnya perkembangan teknologi di berbagai belahan dunia, menyebabkan berbagai macam perkembangan yang terjadi, salah satunya yaitu surat kabar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan