Mohon tunggu...
Grace
Grace Mohon Tunggu... -

Just for fun. My life mostly revolves around movies, food, and dogs!

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Mudahnya Membantu UMKM untuk Tetap Bertahan di Situasi Pandemi Covid-19

14 Januari 2021   19:30 Diperbarui: 14 Januari 2021   19:43 54 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mudahnya Membantu UMKM untuk Tetap Bertahan di Situasi Pandemi Covid-19
Ilustrasi jasa membersihkan kamar mandi. Sumber: Freepik

Aku adalah tipe orang yang suka menunda-nunda pekerjaan. Baik dari hal besar seperti tenggat waktu pengumpulan jurnal akhir sewaktu kuliah, hingga hal kecil seperti membersihkan kamar tidurku sendiri. Meskipun sering menunda pekerjaan, aku tetap menyelesaikannya dengan tepat waktu walaupun sering super mepet dengan tenggat waktu. Aku rasa bukan hanya aku yang begini, bukan?

Akan tetapi, beda urusannya dengan membersihkan kamar mandi. Untuk yang ini aku malasnya minta ampun. Jadinya, aku sering oper urusan membersihkan kamar mandi ke anggota keluarga yang lain.

Saat tahun baru kemarin, aku dan sekeluarga melakukan staycation di salah satu hotel di Jakarta Utara. Sepulangnya kami dari staycation, tidak tahu mengapa keadaan kamar mandi kami sangat berantakan dan berdebu. Padahal, sebelum kami pergi dari rumah keadaannya rapi dan bersih. Melihatnya saja membuat kami malas untuk membersihkannya.

Sebenarnya sudah lama aku ingin memanggil jasa membersihkan rumah/kamar mandi. Namun, aku belum menemukan jasa yang cocok dengan budget yang aku punya. Selain itu, GoLife sebagai platform yang biasanya aku gunakan sudah tutup permanen sejak Juli tahun lalu. Aku mulai cari-cari di Internet mengenai jasa membersihkan kamar mandi yang ada di wilayah Depok. Akhirnya, aku mendapatkan yang paling cocok denganku, yaitu Metaklinz.

Sepeti dikutip dari websitenya, Metaklinz merupakan penyedia layanan jasa bersih toilet dan salon kamar mandi berkualitas dengan tenaga ahli berpengalaman. Metaklinz menggunakan chemical dan alat bantu mesin terkini agar hasil bersih maksimal tanpa merusak lapisan keramik anda.

Aku menghubungi Metaklinz melalui Google Maps. Akupun baru tahu kalau sekarang sudah bisa chat dengan bisnis besar ataupun UMKM melalui Google Maps. Adminnya pun membalas chat calon pelanggan dengan cepat. Setelah menanyakan daftar harga dan merasa cocok, aku memutuskan untuk menggunakan jasa Metaklinz.

Berikut adalah daftar harga yang aku dapatkan dari chat dengan Metaklinz, bagi teman-teman yang ingin menggunakan jasa mereka:
1. Reguler
Pembersihannya meliputi lantai, dinding, closet, dan wastafel tanpa mesin. Untuk pembersihan perawatan (daily).
Harga Rp200.000 - Rp250.000/kamar mandi.
Harga di luar bathtub.

2. Paket Salon kamar mandi full
Ukuran 1X2 - 2X2 = Rp500.000
Ukuran 2X2 - 2X3 = Rp600.000
Ukuran 3X3 - 3X4 = Rp700.000

Pembersihan meliputi lantai, dinding, kloset, dan wastafel dengan 2 mesin yaitu gerinda dan mesin hand poles. Untuk noda kerak sedang sampai berat. Lama pengerjaannya mulai dari 4 jam sampai selesai, maksimal sore hari. Harga tersebut di luar bathtub.

3. Harga satuan terpisah
Pembersihan dikondisikan dengan alat bantu mesin.
a. Kloset jongkok = Rp75.000
b. Kloset duduk = Rp 100.000
C. Kloset duduk + tabung = Rp125.000
d. Bathtub = Rp150.000
e. Wastafel = Rp50.000
f. Wastafel sink = Rp75.000
g. Urinoir = Rp85.000
h. Shower set = Rp35.000

Aku menjadwalkan janji keesokan hari untuk membersihkan kamar mandinya, dengan menggunakan jasa reguler. Keesokan harinya, salah satu pegawai dari Metaklinz datang ke rumah. Pegawainya datang dengan tepat waktu. Selang 3 jam kemudian, bapak pegawai telah selesai membersihkan kamar mandi di rumahku. Hasilnya benar-benar memuaskan. Kamar mandiku benar-benar bersih. Kloset duduk benar-benar terlihat seperti baru karena benar-benar putih bersih tanpa noda.

Salah satu hasil jasa membersihkan kamar mandi pelanggan lain dari Metaklinz. Sumber: https://jasa-bersih-kamar-mandi-meta-klinz.business.site
Salah satu hasil jasa membersihkan kamar mandi pelanggan lain dari Metaklinz. Sumber: https://jasa-bersih-kamar-mandi-meta-klinz.business.site
Kami sekeluarga benar-benar terkesima dengan hasil kerjanya, sampai-sampai kami ingin bertanya ke Bapaknya menggunakan alat apa. Dengan hasilnya yang super maksimal, kami hanya perlu membayar sebesar Rp200.000. Murah sekali, bukan? Oleh karena rasa terima kasih atas hasil kerja yang maksimal, kami juga memberikan tip kepada Bapak tersebut.


Seperti kita ketahui, adanya pandemi COVID-19 memberikan dampak ke berbagai sektor di Indonesia, khususnya perekonomian. Oleh karena PSBB dan berkurangnya aktivitas di luar rumah, banyak usaha-usaha yang terkena imbasnya. Ada yang tutup sementara, tutup permanen, dan masih beroperasi namun pelanggan sedikit.

Tidak sedikit pula orang-orang yang diberhentikan dari pekerjaannya dan harus mencari pekerjaan baru. Aku tahu bagaimana susahnya mencari kerja di tengah pandemi ini. Apalagi aku hanya seorang lulusan baru yang bersaing dengan berbagai macam orang yang lebih kompeten. Hal ini yang membuatku juga mulai membuka usaha kecil-kecilan dengan kakakku, yaitu menjual pakaian bekas kami.

Di sinilah Internet sangat membantu berkembangnya UMKM. Selain akses yang mudah, banyak juga platform yang bisa digunakan untuk memasarkan bisnis. Bisnisku menggunakan platform Shopee dan Carousell, sedangkan Metaklinz menggunakan website, Instagram, Google Maps, dan WhatsApp untuk berkomunikasi dengan calon pelanggan, mengunggah testimoni, dan memberikan informasi terkait dengan jasa yang ditawarkan. Apabila memiliki modal lebih, kita sebagai pemilik UMKM juga bisa menggunakan jasa iklan yang ditawarkan di berbagai platform online supaya bisnis kita dapat menjangkau audiens yang lebih besar.

Melihat UMKM seperti Metaklinz dan bisnis kecil yang baru aku jalankan, aku menyadari bahwa ada 2 hal simpel yang bisa kita lakukan untuk membantu UMKM tetap berjalan di tengah situasi pandemi:

Membeli/menyewa dan menawar dengan wajar
Untuk beberapa UMKM seperti Metaklinz, mereka sudah menentukan harga untuk jasa yang ditawarkan. Namun, apabila kamu memiliki UMKM di bidang jual beli barang bekas seperti aku, maka biasanya akan terjadi tawar menawar. Kalau sekiranya harganya tidak sesuai untukmu, kamu tetap bisa menawar asalkan harganya tidak jomplang dari harga aslinya, ya!

Memberikan rating dan ulasan
UMKM seperti Metaklinz menggunakan platform seperti Google Maps, yang bisa memudahkan pelanggan memberikan rating dan ulasan mengenai kinerja jasanya. Hal ini bisa mendorong dan meyakinkan orang lain yang melihat ulasan untuk menggunakan jasa/membeli barang di UMKM. Selain melalui platform yang digunakan UMKM, kamu juga bisa memberikan ulasan di platform yang biasanya kamu gunakan, seperti menggunakan medium video di YouTube dan Tiktok atau medium tulisan di blog. Selain itu juga, kamu dapat merekomendasikan jasa/barang yang telah kamu gunakan kepada teman terdekat atau keluarga secara langsung atau word of mouth (WOM).

Dengan melakukan 2 hal simpel di atas, kamu sangat membantu UMKM untuk tetap terus bertahan, terutama di situasi yang sulit seperti sekarang ini. Mencari kerja di zaman ini semakin sulit, oleh sebab itu yuk kita mulai menggunakan jasa atau membeli barang dari UMKM. Kualitasnya pun tidak kalah saing dari produk/jasa yang ternama!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x