Mohon tunggu...
Grace Angelica Christy
Grace Angelica Christy Mohon Tunggu... Lainnya - Siswa SMA

Manusia

Selanjutnya

Tutup

Music

Di Balik Makna dari Lagu "Satu Nusa Satu Bangsa"

12 September 2022   01:40 Diperbarui: 12 September 2022   01:58 106 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
mabelakita.blogspot.com

Indonesia memiliki banyak lagu nasional yang memiliki arti yang mendalam. Salah salah satunya adalah lagu yang berjudul “Satu Nusa Satu Bangsa”. Lagu ini pertamakali disiarkan melalui radio pada tahun 1947. Penulis dari lagu ini adalah orang Indonesia asli Sumatera Utara yang bernama Liberty Manik. Liberty Manik lahir di Sidikalang pada tanggal 21 November 1924 dan meninggal pada tanggal 16 September 1993. 

Dalam riwayat hidupnya ia pernah menerjemahkan dan mementaskan oratorium Mattheus Passion dan Weichnachtsoratorim ciptaan John Sebastian Bach di Yogyakarta pada tahun 1980. Selain itu, Ia juga merupakan seorang penyiar radio dan komposer lagu, salah satu lagu yang diciptakannya adalah “Satu Nusa Satu Bangsa”. Saat menciptakan lagu ini, Liberty Manik terinspirasi dari persitiwa dan isi ikrar dari “Sumpah Pemuda” yang bunyinya:

“(1) Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.”

“(2) Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.”

“(3) Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.”

Pada peristiwa tersebut diawali dengan pemuda-pemuda seluruh Indonesia dalam menciptakan ikrar “Sumpah Pemuda”, dimana mereka tidak hanya mengakui Indonesia sebagai satu bangsa, tetapi juga mengaku Indonesia sebagai satu tanah air dan satu bahasa yaitu bahasa Indonesia. Hal ini membuat Liberty Manik terdorong dalam menciptakan lagu tersebut, karena ia juga ingin menunjukkan bahwa Indonesia adalah satu negara dan satu bangsa dan mereka harus berjuang bersama melawan negara lain (penjajah) sehingga mereka bisa mendapatkan apa yang ingin mereka capai bersama yaitu kebebasan. Maka dengan ini, lagu tersebut dijadikan sebagai lagu nasional wajib dalam rangka memperingati hari “Sumpah Pemuda” pada tanggal 28 Oktober.

Berikut adalah lirik dari lagu “Satu Nusa Satu Bangsa”:

Satu nusa 

Satu bangsa

Satu bahasa kita

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan