Mohon tunggu...
Taruli Basa
Taruli Basa Mohon Tunggu... Wiraswasta - Auroraindonet.com

Penulis buku 12 Aktivitas Menyenangkan Penerbit Grasindo, buku IMAGO DEI (Segambar dan serupa dengan Allah) tentang perjalanan missi ke daerah, buku mata pelajaran TK, penulis narasi, cerita pendek dan juga puisi.

Selanjutnya

Tutup

Gadget

JNE....Gue Banget

31 Januari 2022   22:08 Diperbarui: 31 Januari 2022   22:10 459
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat yang telah memberikan kemudahan dan percepatan untuk menerima dan mendapatkan segala informasi yang kita butuhkan. Jika kita melihat pada era tahun 1970-an untuk berkomunikasi dengan saudara di luar provinsipun masih dengan menggunakan surat menyurat yang dikirim melalui kantor pos dan itupun bisa sampai berminggu-minggu bahkan berbulan di tempat tujuan karena infrastruktur dan transportasi yang kurang mendukung dan yang paling menyedihkan kantor pos letaknyapun tidak ada di daerah pedesaan, hanya diwilayah kota-kota kecil, jadi jika masyarakat pedesaan ingin berkirim surat kepada keluarga di luar provinsi harus berjalan kaki atau menggunakan angkutan umum yang mungkin angkutannyapun hanya ada satu kali dalam beberapa jam.

Hal ini membuat para ahli teknologi dan pemerintah untuk memikirkan bagaimana agar komunikasi dapat dengan mudah sampai ke tempat tujuan, karena jika kantor pos hanya ada di daerah perkotaan, maka perkembangan masyarakatpun secara ekonomi, pendidikan, informasi akan tertinggal. Kita bersyukur penelitan dan perkembangan ilmu pengetahuan berjalan secara dinamis sehingga pada tahun 1980-an ada beberapa WARTEL (Warung Telepon) di beberapa daerah dan bagi masyarakat kelas atas sudah memiliki telepon rumah dan pager dan setelah telepon rumah, beralih ke handphone yang ukurannya besar dan berat. 

Ilmu Pengetahuan dan teknologi yang tidak pernah berhenti terus mengembangkan berbagai inovasi untuk mempermudah memenuhi kebutuhan hidup manusia sehingga hari ini kita semua sudah dapat menikmati kemudahan dan kecepatan informasi hanya dengan "one touch screen" di mobile kita dan jika kita ingin menonton tidak hanya melalui layar televisi lagi sudah dapat melalui berbagai aplikasi dan Youtube. Media sosial seperti FB, IG, twitter, tiktok dan berbagai aplikasi yang lain yang digunakan oleh seluruh masyarakat kita bahkan dunia untuk kebutuhan masing-masing, seperti kebutuhan "curhat" di status medsosnya, jualan, live, dan masih banyak lagi. Bagi yang bijak menggunakan teknologi media sosial, akan sangat menguntungkan bagi yang tidak bijak dapat sangat merugikan diri sendiri apalagi mengumbar kesalahan dan memviralkan orang lain atau diri sendiri di wall sendiri yang dapat berdampak sampai ke ranah hukum dan mata pencaharian. Dunia medsos saat ini sangat kejam, terkadang informasi yang didapat tidak seperti kenyataan yang sebenarnya. Sekalipun informasi yang kita dapatkan saat ini mudah, kita sebagai pengguna media sosial, diharapkan untuk bijak dalam menggunakan media sosial. Penulis melihat akhir-akhir ini status teman-teman penulis di media sosial, lebih banyak yang informatif dan berjualan dan hal ini sangat menguntungkan mereka karena memberikan infromasi dan dagangan mereka dapat terjual hanya dengan membuat status atau live di media sosial mereka. Betapa dahsyatnya pengaruh  media sosial sebagai alat marketing untuk masyarakat luas dan tentunya banyak yang diuntungkan seperti perusahaan pengiriman barang dan logistik, karena bagaimanapun barang-barang yang diperjual belikan melalui media sosial, aplikasi-aplikasi belanja online tentunya harus dikirimkan kepada konsumen melalui perusahaan pengiriman barang dan logistik.

Sejak pandemi covid-19 banyak tempat-tempat perbelanjaan yang tutup, karyawan dipecat karena ketidakmampuan perusahaan membayar karyawannya sehingga perputaran ekonomi lambat ditambah lagi air mata dan derita karena kematian akibat covid-19 hari demi hari semakin meningkat pada tahun 2021 lalu. Kita semua tahu bahwa kondisi awal terjadinya pandemi covid-19 di Indonesia sangat mengkhawatirkan kita. Perekonomian melemah, bagaimana untuk terus bertahan hidup, karena bagaimanapun hidup terus berjalan, makanpun wajib, tetapi jika perusahaan tutup, karyawan diberhentikan semakin menambah pengangguran, bagaimana kebutuhan hidup sehari-hari. 

Untuk tempat-tempat perbelanjaan yang sudah tetup dipaksa untuk mengikuti kemajuan teknologi dengan membuat toko online mereka sendiri, seluruh item dagangan, harga dan metode pembayaran serta syarat dan ketentuan lainnya mereka masukkan didalam informasi toko onlinenya masing-masing untuk memudahkan konsumen membeli kebutuhan masing-masing. Sejak pandemi sangat banyak aktivitas secara online, mulai dari pembelajaran, perbelanjaan, ibadah, pekerjaan di kantor dan masih banyak lagi kegiatan yang dilakukan secara online. Mungkin hal inilah yang menjadi dampak positif dari keadaan covid-19, masyarakat dipaksa untuk belajar menggunakan teknologi. Banyak masyarakat yang terjun menjadi pelaku UMKM di seluruh Indonesia dan ada juga yang dibantu oleh pemerintah dalam modal dan bidang usahanya. Kementrian Komunikasi dan Informatika atau KOMINFO membentuk group UMKM di seluruh Indonesia dan memberikan pelatihan-pelatihan dan berbagai informasi untuk meningkatkan penjulan para pelaku UMKM. Pelaku UMKM diajari bagaimana cara menggunakan teknologi dalam menjual barang produksinya dan masing-masing pelaku UMKM yang dibentuk oleh KOMINFO akan dimasukkan dalam sebuah group whatshap sesuai dengan daerah dan provinsi masing-masing. Di dalam group UMKM kita dapat menjual dagangan kita, mendapatkan training selama empat bulan pertama, sharing tentang berbagai informasi yang dipandu oleh leader dari KOMINFO di masing-masing group, bagaimana cara mempunyai toko online sendiri, training digital marketing dan masih banyak lagi informasi yang didapatkan oleh pelaku UMKM di dalam group diskusi tersebut. 

Pada umumnya pelaku UMKM atau penjual akan memilih perusahaan pengiriman barang yang dikenal dan dipercaya untuk mengirimkan barang dagangannya kepada pembeli, tentunya setelah transaksi jual beli sudah disepakati antara penjual dan pembeli. Saat ini yang sering digunakan oleh masyarakat adalah JNE. JNE nama resminya PT.Tiki Jalur Nugraha Ekakurir. JNE salah satu perusahaan pengiriman barang dan logistik yang sering  digunakan oleh masyarakat kita tidak terkecuali penulis sendiri. Melalui JNE kita dapat mengirimkan barang-barang jualan kita ke konsumen, selain harganya terjangkau juga pelayanannya bagus serta tiba di tempat sesuai dengan waktu yang kita tentukan. Untuk pengiriman barang reguler dari lokasi penulis ke Jabodetabek dengan berat sekilo hanya sembilan ribu rupiah, tentunya dipacking dengan baik dan jika kita sering mengirimkan barang melalui JNE terdekat, biasanya mereka akan menyimpan nomor telepon kita untuk memudahkan mereka mengingatkan jika ada pengiriman barang melalui JNE untuk tetap menjaga pelanggannya atau memberikan informasi-informasi yang lain. 

Kantor JNE juga sudah ada diberbagai wilayah di seluruh Indonesia, yang memudahkan masyarakat dengan cepat menerima barang kirimannya dan juga dapat melayani COD JNE. Apa saja yang dapat dikirimkan melalui JNE, hampir semua barang, mulai dari dokumen, barang, makanan, motor dan masih banyak lagi yang dapat dikirimkan ke seluruh pelosok Indonesia dan luar negeri dan harganya juga terjangkau tergantung daerah dan barang apa saja yang kita kirimkan. Pihak JNE akan menanyakan terlebih dahulu, apakah kita mengirimkan dengan cara express atau reguler dan mereka akan memberikan informasi berapa harga dan berapa lama akan tiba ditempat tujuan, jika pengiriman dengan cara express atau reguler. 

Dengan banyaknya pembangunan infrastruktur di seluruh Indonesia pada zaman pemerintahaan saat ini, jauh lebih memudahkan dan mempercepat transportasi berjalan dengan lancar, sehingga barang-barang yang dikirimkanpun ke tempat tujuan lebih cepat sampainya. Pembangunan infrastruktur sangat mempengaruhi kehidupan perekonomian masyarakat, jika infrastrukturnya kurang baik, seperti jalanan kondisinya buruk, banyak jalan yang rusak, bagaimana masyarakat akan mengirimkan atau menjual barang dagangannya, khususnya daerah pedesaan, demikian juga barang yang dikirimkan melalui JNE dapat mempengaruhi waktu pengirimannya, tetapi saat ini kita bersyukur sudah banyak perbaikan-perbaikan yang telah dilakukan oleh pemerintah kita untuk membantu berjalannya perekonomian masyarakat sekalipun dalam masa-masa sulit, pandemi covid-19. Untuk melihat lebih jauh tentang JNE kita dapat langsung membuka websitenya di jne.co.id, kita dapat menemukan informasi yang kita butuhkan atau kita dapat langsung ke kantor JNE terdekat. JNE..... gue banget, pelayanannya bagus, mudah dan terjangkau harganya dalam pengiriman barang.  Selamat ulang tahun dan sukses selalu melayani kebutuhan masyarakat dalam pengiriman barang dan logistik. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun