Mohon tunggu...
Grace Abeliani Saragih
Grace Abeliani Saragih Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Akuntansi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Tips Meraih Prestasi dan Mengasah Skill Mahasiswa di Era Pandemi Covid-19

17 Juli 2021   10:41 Diperbarui: 17 Juli 2021   16:33 194 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Meraih Prestasi dan Mengasah Skill Mahasiswa di Era Pandemi Covid-19
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

   Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak luasnya terhadap berbagai aspek kehidupan manusia. Terutama di jenjang pendidikan dunia, baik dampak positif maupun negatif. Siapa sih yang tidak merasakan kesulitan di era pandemi ini dalam melaksanakan proses perkuliahan? pasti hal ini sering sekali menjadi hambatan bagi mahasiswa. Dimana letak domisili yang menyebar diseluruh nusantara mengakibatkan tidak semua mahasiswa yang menggunakan jaringan internet tetap stabil untuk mengikuti proses belajar daring.


   Lalu apakah pembelajaran daring di era pandemi ini menjadi hambatan bagi setiap mahasiswa dalam memproduksi prestasi dan mengasah skill nya? tentu saja tidak. Justru di era pandemi ini kita diajarkan untuk tetap bersabar hati dan mengambil sisi positifnya. Dengan memanfaatkan berbagai kesempatan yang ada dalam menciptakan kreativitas tanpa batas oleh setiap individu, sebisa mungkin jadikan waktu luangmu menjadi waktu yang berproduktif. Dengan melakukan hal produktif kamu pasti bisa menghasilkan prestasi dan skill baru.


   Seperti yang dikutip dari perkataan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Nizam, pada acara Medan International Conference on Energy and Sustainabillity, Selasa (27/10). "Saat ini pandemi menjadi tantangan dalam mengembangkan kreativitas terhadap penggunaan teknologi, bukan hanya transmisi pengetahuan, tetapi juga bagaimana memastikan pembelajaran tetap tersampaikan dengan baik," tutur Nizam. Dengan adanya kutipan perkataan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud tersebut mampu menambah semangat kita dalam mengembangkan kreativitas dan menghasilkan karya berprestasi. Adapun beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menambah prestasi dan mengasah skill, antara lain:


1. Sikap Yang Dibutuhkan dalam Meraih Prestasi dan Mengasah Skill
Sebelum terciptanya prestasi dan skill yang baik, ada beberapa sikap yang harus dimiliki oleh setiap calon peraih prestasi antara lain, mengikuti pembelajaran daring sebagai mahasiswa dengan pemikiran terbuka dan bijaksana, jujur, kreatif, inovatif, mampu menghargai waktu dengan baik dan bertanggung jawab disetiap adanya jadwal perkuliahan, pelatihan, organisasi, lomba, atau kegiatan yang berhubungan dalam proses peraihan prestasimu.

2. Mengikuti Kegiatan Webinar
Dalam keadaan pandemi bukan berarti mengahalangi setiap individu dalam mengikuti berbagai seminar, yang sekarang dapat kita lakukan dengan proses online atau disebut dengan webinar. Dengan mengikuti berbagai webinar yang bersangkutan dengan kebutuhan materi perkuliahan atau hobimu. Kamu akan mendapat banyak ilmu baru, selain itu kamu juga bisa mendapatkan e-sertifikat atas penghargaan partisipasi kalian loh. Tentunya sertifikat yang diperoleh banyak benefitnya di dunia perkuliahan maupun di dunia kerja mu nanti. Adanya e-sertifikat ini secara tidak langsung dirimu sudah meraih satu prestasi pada masa pandemi.

3. Mencari Jati Diri dengan Mencoba Hal Baru
Dalam menciptakan sebuah skill baru, kamu diharapkan mampu keluar dari zona yang monoton, perlahan temukan jati dirimu yang lainnya. Terbukalah pada hal baru yang menurut mu didalamnya terdapat kemampuan yang bisa diolah, mulailah hargai sekecil apa pun kemampuan atau ide yang kamu punya. Misalnya kamu adalah mahasiswa biasa tetapi kamu memiliki kegemaran dalam menulis suatu cerita. Cobalah mengasah kegemaranmu tersebut untuk menciptakan suatu karya tulis seperti novel, artikel, menulis di blog, yang mampu menghasilkan karya prestasi versi kegemaranmu.              

4. Membaca Buku Merupakan Pendukung Utama
Benar dikatakan buku merupakan jendela dunia, dengan membaca buku akan meningkatkan kualitas berpikir manusia. Gunakan waktumu dengan melakukan hal produktif seperti membaca. Bukan sekadar membaca tetapi kamu diharapkan menghadirkan ide kreatif yang berguna untuk menoreh berbagai prestasi, ikutilah berbagai lomba yang berhubungan dengan buku. Seperti lomba literasi nasional.

5. Penggunaan Sosial Media Menjadi Faktor Penting dalam Menghadirkan Karya Prestasi
Sosial media pada saat ini bukan hanya memiliki pengaruh negatif. Tetapi melalui sosial media kita dapat menemukan pengaruh positif seperti, program pelatihan pembelajaran, perlombaan oleh suatu instansi tertentu, bimbel online, beasiswa online, program volunteer dan masih banyak lagi. Sebagai mahasiswa diharapakan supaya kamu mampu mengelola setiap sosial media yang kamu miliki menjadi multifungsi yang positif di era pandemi ini. Selain mendapatkan ilmu yang bermanfaat kamu juga menemukan  kegiatan yang menghasilkan prestasi.


6. Mengasah Skill dengan Bantuan Mentor
Memiliki bantuan bimbingan mentor juga merupakan salah satu cara yang dapat ditempuh. Biasanya sang mentor akan mengadakan program pelatihan yang berwujud praktik secara langsung sehingga kita akan menjadi lebih mudah tanggap dan cepat mempraktikkan skill yang kita punya. Dengan adanya bimbingan mentor kamu dapat mengetahui sejauh mana kecakapanmu, sehingga bisa saling bertukar pandang tentang kemampuan mu dan menghasilkan skill yang lebih memumpuni. Pembelajaran bersama mentor ini bisa dilakukan secara online loh! berhubung masa pandemi covid-19 sedang melanda negara kita saat ini.


   Jika ambisimu meraih prestasi serta mengasah skill memang kamu lakukan dengan sungguh, percayalah semua akan dapat kamu atasi dengan mudah. Jangan lupa juga tetap berdoa dan beribadah pada yang Maha Kuasa, karena semua prestasi dan kemampuan yang kita miliki berasal dari-Nya. Hargai sekecil apapun kemampuan yang kamu miliki, hal ini akan membuka jalan untuk menghasilkan karya terbaik versi dirimu. Selamat mencoba tips nya!!

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN