Mohon tunggu...
Grace Paramitha
Grace Paramitha Mohon Tunggu... Lainnya - Communication Student

Selamat membaca! Semoga bermanfaat!

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Walaupun Berbeda, Jurnalisme Online dan Multimedia Sama-sama Berikan Manfaat

15 September 2020   09:49 Diperbarui: 15 September 2020   09:56 242 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sebuah informasi yang dapat diakses dengan menggunakan internet disebut jurnalisme online. Jurnalisme multimedia berarti apabila sebuah konten mencakup tiga jenis media atau lebih.

Seiring berjalannya waktu, tak hanya media yang semakin berkembang, jurnalisme juga semakin berkembang. Di tahun 2020 ini, menulis menjadi semakin mudah. Membaca artikel berita dan mencari informasi juga menjadi semakin mudah, menarik dan menyenangkan, bukan? Hal itu karena adanya jurnalisme online dan jurnalisme multimedia.

Kehadiran jurnalisme online dan jurnalisme multimedia dapat memberikan manfaat bagi Anda dan Saya dalam menulis serta memperoleh berita. Di situasi pandemi Covid-19, aktivitas jurnalistik dapat dilakukan dengan mudah, hanya duduk diam di rumah dan menulis dengan menggunakan komputer lalu mempublikasikannya melalui internet. Ingin membaca berita atau mencari informasi juga tidak perlu ke luar rumah, cukup mencari informasi di smartphone atau komputer dengan menggunakan internet.

Namun, ternyata jurnalisme online dan jurnalisme multimedia itu berbeda. Yuk kita cari tahu perbedaannya.

Jurnalisme Online

Segala macam aktivitas jurnalistik yang dilakukan dengan cara online dan menggunakan jaringan internet disebut sebagai jurnalisme online. Jurnalisme online termasuk jurnalisme siber, e-journalism, atau jurnalisme internet merupakan jurnalisme yang memproduksi konten digital yang berisi teks, foto, atau video. Jurnalisme online diproduksi secara eksklusif untuk dipublikasikan melalui World Wide Web (WWW) sebagai elemen grafis internet.

Kehadiran world wide web benar-benar membantu dan memudahkan kehidupan. World wide web dapat diakses dengan mudah menggunakan smartphone atau komputer. Jadi, Anda dapat melakukan aktivitas jurnalistik kapan saja dan di mana saja tanpa perlu khawatir tidak membawa kertas atau pulpen.

Tidak ingin ketinggalan berita sedetik pun? Jangan khawatir karena adanya jurnalisme online yang akan memberikan berita atau informasi secara cepat dan real time

Menurut Mark Deuze dalam buku Jurnalisme Multimedia yang ditulis oleh Widodo, terdapat empat jenis jurnalisme online, yaitu:

1. Mainstream News sites

Mainstream News sites adalah media berita online yang peling mudah ditemukan. Situs ini menawarkan pilihan editorial content. Contoh media di Indonesia yang termasuk dalam mainstream news sites adalah Kompas.com dan detik.com.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan