Mohon tunggu...
Oris Goti
Oris Goti Mohon Tunggu... Jurnalis - Anak Kampung Asal Watujaji, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur.

Menyukai jurnalistik, fotografi, pariwisata, budaya olahraga dan musik

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Catatan Lepas Perjalanan Perseftim dalam Perhelatan Soeratin Cup

22 Agustus 2022   11:53 Diperbarui: 23 Agustus 2022   11:33 692 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
FOTO: WILY ARAN. Tim Perseftim U-17 di Stadion Marilonga, Kota Ende.

Hadir Tanpa Dukungan Perseftim Junior Harumkan Nama "Lewotanah"

-Catatan Lepas Perjalanan Perseftim dalam perhelatan Soeratin Cup 2022-

Sabtu petang 31 Juli 2022 sekira pukul 18:05 WITA kontingen Persatuan Sepak Bola Flores Timur (Perseftim) tiba di Kota Ende dipimpin manajer tim Tedy Teluma dan Geril Hayon, 3 orang official bersama 24 pemain. 

Tim Perseftim dijemput panitia penyelenggara Soeratin Cup 20202 di KM 10 batas kota Ende. Dalam iringan penyambutan yang meriah nan akbar, panitia berniat mengiring kontingen Perseftim menuju Hotel Anggrek untuk menginap sebagaimana yang terjadi 5 tahun silam, ketika tim Perseftim ikut berpartisipasi dalam perhelatan sepak bola ETMC 2017. 

Namun apalah daya, kehadiran Tim Perseftim Yunior hanya bermodalkan anggaran swadaya orang tua dan sekolah. Itu sangat tidak mungkin bagi tim Perseftim untuk mendapatkan penginapan seperti hotel ataupun wisma dengan fasilitas yang memadai. Pemkab Flotim hanya diam. Suport anggaran pun tidak ada.

Tim dengan julukan besar "Laskar Lewotanah" datang dari ujung Timur Pulau Flores tepatnya di Kota Larantuka Ibu Kota Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur. Dalam catatan perhelatan sepak bola NTT hampir tidak pernah absen dalam perhetalan sepak bola El Tari Memorial Cup (ETMC), Soeratin Cup dan Piala Gubernur NTT.

Sejarah menulis dan pecinta sepak bola NTT masih terkenang dalam memori perhelatan ETMC tahun 1969, Perseftim FC berhasil keluar sebagai juara. Setelah 40 tahun kemudian Perseftim kembali menjuarai ETMC pada tahun 2009 di kandang PSN Ngada. 

Deretan catatan sejarah torehan prestasi Perseftim sesungguhnya mengingatkan bahwa Laskar Lewotanah masih terus mengepakkan sayapnya di langit Flores. Belum Patah. Catatan sejarah Persetim dalam kejuaraan ETMC  ini menjadi landasan bagi Tim Perseftim yunior untuk berpartisipasi dalam  perhelatan sepak bola liga pelajar NTT U-17 Soeratin Cup yang diselenggarakan Asprov PSSI NTT di Kota Ende. 

Tim Perseftim yunior kebanggaan masyarakat Flores Timur kembali berpartisipasi dengan semangat dan daya juang yang kuat.

Kurangnya Suport Dana
Dituturkan bahwa persiapan Tim Perseftim Yunior untuk berpartisipasi dalam Soeratin Cup 2022 dalam rentang waktu kurang lebih satu minggu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan