Mohon tunggu...
Gora Indiraja Shafa
Gora Indiraja Shafa Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Amatiran yang masih belajar

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Makan Tuh Janji!

19 Juli 2019   19:20 Diperbarui: 4 Oktober 2023   11:04 54
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
www.shutterstock.com

Siapa sih yang ga pernah ngelakuin janji. Ato bahkan dijanjiin? Ya pasti dong gila aja lo belom. Gw tertarik bet bahas ini karena gw sendiri emang suka ngasih janji, entah ntarnya ditepatin apa kagak, yang penting janji dulu wkwkwk.

Ya, janji---janji menurut gue adalah sesuatu yang terucap oleh seseorang buat ngasih tau apa yang bakal dia lakuin nanti. Tapi ga heran dari action "Janji" ini banyak orang yang stay in faith sama "Janji" itu sendiri. 

Gw saranin sih lo pada harus belajar the subtle art of jangan ngarep apa-apa sama janji dan jalanin aja hidup lo, ga sedikit juga orang yang percaya sama janji dan berakhir kit ati gegara "JANJI" huhu... To be honest Gw nggak butthearted ama masalah ini karena emang Gw juga pernah jadi KORBAN juga pernah jadi PELAKU
aokwowk.

Jadi korban sih udah pasti ga enak banget, udah dikasih harapan terus ujung-ujungnya gak jadi---ih bete banget dah. Gak perlu jauh-jauh, contohnya kek dijanjiin SAMA GEBETAN LO KALO DIA BAKAL BUKA HATI SETELAH UJIANNYA TAHUN DEPAN SELESAI. 

Cukup deh ya kayanya kalo masalah gini happened sekali dua kali aja jangan sampe berkali-kali, kalo lo demen berkali-kali seriusan lu butuh piknik dude.

Jadi pelaku, jujur gw kadang suka ga nyadar kalo gw bikin janji ini itu, suka ga dipikirin dulu---yang penting kondisi aman dan tidak memanas, apalagi kalo temen ngajak ini itu yang sebenernya gw gamau ikutan, kalo gw tolak juga tar malah berantem, oke lah gw kayanya layak disebut sebagai bocah selfless. Tapi paling asyik kalo udah nebar harapan ke cewe WKWKWK, "Aku janji kok gak bakalan ninggalin kamu, Aku bakal selalu ada di saat kamu butuh, jangan takut sama Aku ya". AHAY ini sih ke-bullshit-an manusia sepanjang masa except tu orang udah nikah dan Gw salah satu pelakunya HIYA.

Menurut gue, ada 2 tipe janji. Yang pertama bener-bener janji, yang kedua janji bangsat. Janji bang*at emang lebih mudah dipercaya, usually gak masuk akal dan bikin janjinya juga kagak make akal, asal nyeplos---ntar pas ditagih baru dah tuh orang kejang-kejang wkwkwk. 

Beda dari janji bangsat, yang bener-bener janji itu lebih ke janji yang ga berlebihan, ga kebanyakan, paling biasanya pembuat jani ini bilang "ya liat aja nanti". 

Tetep aja gan, mau bener mau kagak ga perlu lo percaya banget dan jangan bergantung sama pembuat janji, selain lo bakal jatoh, lo bakal secara gak langsung ngebentuk pribadi yang ngegantung ama orang. Jangan demen ngegantung, kek monyet lama-lama ntar wkwkwk. 

Biasanya sih yang dijanjiin bakal ngerasa aman, nyaman, ga mikirin lagi masalah yang dihadepinnya lagi kalo misalnya punya masalah. Nah ini nih bibit-bibit ketergantungannya sudah tumbuh. Apalagi percaya sama harapan palsu, dijanjiin bakal jagain kamu meski gajadi pacar lah apalah tai-tai itu gan basi. Ingat, nyaman adalah jebakan sebelum ada kepastian. "gimana sih cara tau orang janjinya itu bohong?", "gimana sih tau orang yang bullshit?" 

Daaaan berbagai pertanyaan semacem ini pasti bakal ditanyain. Cuy, gw kasihtau ya---lo gak perlu tau-tau begituan, karena semua orang itu beda-beda, gabakal cukup waktu lo buat cari tau juga. Udeh, mending lo tetep berpegang teguh buat ga bergantung sama janji
mereka, entah janji apapun itu, mau kerjaan kek, mau dijanjiin bakal dikasih duit kek, APALAGI JANJI BAKAL SETIA AOKWOKWOKWOK.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun