Mohon tunggu...
Taufan S. Chandranegara
Taufan S. Chandranegara Mohon Tunggu... Buruh - Gong adalah Semangat

Praktisi Seni - Menulis di sini.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Prosa Kopi Zona Perang

1 Juli 2022   15:39 Diperbarui: 1 Juli 2022   15:44 147 27 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Prosa Kopi Zona Perang. Foto: kompas.com

Tidak ada kata lain. Tafakur "Lindungi, dia, Tuhan. Engkau Maha Rahman dan Rahim." Nurani ini hanya ada, doa itu, ketika hamba melihat, dia, menembus langit, menuju negeri jauh dalam kecamuk zona perang tak menentu-Kurusetra kemodernan.

Setiap melihat gambar-gambar bergerak, berita dari negeri jauh tentang dia. Hamba hanya menghela nafas, hanya doa, keselamatan, kesehatan, senantiasa dalam lindungan-Mu, di nurani ini.

***

Ketika membaca berita, dia, akan berangkat menempuh jalan darat sejauh 80 kilometer, dengan kereta api. Hamba mendengar pula, serangan rudal pihak lawan baru saja mendarat di kota tujuan itu.

Derap jantung hamba berjuta kali rasanya berpacu dengan doa keselamatan, kesehatan, tak ada kata lain terindah, selain berdoa.

Hamba hanyalah manusia awam, hanya dia milikku untuk negeri ini. Sekarang di sini. Terus mengikuti berita-berita, dengan mata super melotot, telinga hamba mekar, seperti telinga gajah. Mencoba menangkap semua makna berita tentang dia.

***

"Terima kasih Tuhan, cahaya pelindungmu senantiasa bersama dia." Imannya kepada-Mu, setulus melaksanakan tugas-tugasnya, di antara suara perang, bersama, cinta sejati, mendampingi kemanapun, dia, melangkah, gemerlapan dalam bening cinta kasih keduanya.

Alangkah indahnya suritauladan itu. Cerita tak habis ditelan waktu. Risalah kenangan dalam prosa zaman generasi sejarah kelak.

Sumpahku untuk negeriku. Sebuah perjalanan mengagumkan. Dari kota nasi liwet membidik rudal di kota kaviar. Salam bahagia di negeri ini saudaraku. Salaman.

Jabodetabek Indonesia, Juli 1, 2022.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan