Mohon tunggu...
TASCH GONG2020
TASCH GONG2020 Mohon Tunggu... Gong adalah Semangat

Kenek dan Supir Angkot.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Mengenal Solilokui Dalam Seni Drama untuk Pemula

4 Juni 2020   14:52 Diperbarui: 4 Juni 2020   14:50 75 31 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Solilokui Dalam Seni Drama untuk Pemula
Image by Tasch 2020 Kompasiana

Untuk Kompasiana Student.

Hai! Kakak dan Adik yang kece-kece apa kabarmu hari ini. Baik selalu hebat selalu. Gembira selalu. Hormat pada Bunda, Ayah dan Gurumu selalu. Amin.

Solilokui sama dengan Senandika, atawa lebih tepat kontekstual dengan disiplin seni drama di ranah susastra drama salah satu unsur plot terpenting, menjadi ungkapan perasaan peranannya atau tokoh peranan dalam salah satu pengadeganan, ketika diungkapkan setara dramatis menjadi serupa susastra liris atau lisan. Jika akan diungkap lebih jauh solilokui lahir dari susastra lisan.

Menurut KBBI solilokui artinya senandika. Senandika artinya wacana seorang tokoh dalam karya susastra dengan dirinya sendiri di dalam drama yang dipakai untuk mengungkapkan perasaan, firasat, konflik batin yang paling dalam dari tokoh tersebut, atau untuk menyajikan informasi yang diperlukan pembaca atau pendengar

Semisal begini, ada salah satu sketsa adegan dalam plot cerita berkisah tentang ungkapan nurani peranannya:

"...Malam tidak selalu biru, seperti ungkapan kata orang. Bagiku malam senantiasa merah bahkan memerah terus di tengah galaunya perasaanku. Rindu pada Bunda, telah melahirkanku. Di manakah beliau sekarang berada. Sejak perpisahan itu, aku hidup dengan paman, bersama kakak perempuaanku. Bunda dimanakah engkau kini... Aku rindu..."

Panjang pendeknya solilokui tergantung ungkapan perasaan penulisnya. Umumnya minimum 500-750 kata, mendalam nan indah nian.

Solilokui bukan monolog atau drama tunggal, dimainkan oleh seorang aktor atau pemain berpengalaman cukup. Monolog tak sekadar menghapal kata-kata lalu memainkannya begitu saja seperti main kelereng. Diperlukan waktu cukup untuk membaca naskahnya, membongkar kedalaman dari ungkapan pikiran penulisnya, berevolusi menjadi tokoh peranannya, jika mungkin hingga penulisnya tak mengenali lagi tokoh ciptaannya, semisal, seperti, Jack Nicholson, memainkan peranannya dalam film, One Flew over the Cuckoo's Nest-essential satirical comedy-dramatic, tonton deh kece dan seru banget.

Bobot pemahaman pada solilokui sama dengan pendalaman karakter peranannya dalam satu plot cerita. Jika solilokui dilepaskan dari plot naskah atau cerita aslinya, dimainkan secara terpisah, maka menjadi bentuk monolog. Namun wajib menyebutkan sumber naskah aslinya. Solilokui itu diambil dari semisal cerita 'Romeo and Juliet-William Shakespeare', adaptasi si A.

Mengapa harus disebutkan sumbernya, itulah salah satu cara menghargai, menghormati karya orang lain dan sekaligus menghargai diri sendiri, utamanya fungsi rujukan atau sumber, adalah kaidah kesepahaman tentang sumber ilmu.

Demikianlah singkatnya, semoga bermanfaat. Tetap utamakan tugas-tugas sekolahmu ya. Selalu semangat! Salam Indonesia Keren.
Jakarta Indonesia, June 3, 2020

VIDEO PILIHAN