GONG2018
GONG2018 Kenek dan Supir Angkot Cinta NKRI. Save KPK Save Indonesia.

Kenek dan Supir Angkot Cinta NKRI. Save KPK Save Indonesia. Peace.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Menimbang Fokus

28 Juli 2018   23:59 Diperbarui: 29 Juli 2018   01:00 329 23 12
Menimbang Fokus
Dok: Kompas tv: Sungai itu kini bening. Sebening ikhlas.

Ketika susah kadang pikiran pendek sulit panjang. Kenapa ya. Barangkali karena sedang ruwet awut-awutan mirip benang kusut tapi tak serupa. Seperti sungai keruh jadi instalasi seni, mungkin. Wah, bagus dong. Tergantung dari sisi mana akan dipandang. Bagus jika tepat pada sudut pandang dari sisi berbeda. Itu pun perlu pertimbangan keindahan sudut pandang tertentu.

Tampaknya menimbang satu hal atau banyak hal sama sulitnya, mungkin diperlukan wawasan tertentu dengan perasaan riang gembira, ada juga demikian ada pula mengatakan semudah membalik telapak tangan, kalau begitu barangkali tergantung peribahasa pilihan selera atau perumpamaan simbolis, lantas persoalan akan terbang jadi niskala jika tak fokus.

Langsung pada persoalan atas masalah, agar jelas duduk perkaranya maka menimbang akan menjadi pertimbangan elok nian, tak ada keraguan menerima amar putusan penyelesaian. Cocok, mungkin begitu, mungkin juga masih tidak, seumpama masih menimbang-nimbang. Tampaknya masih bertemu keruwetan antar ambigu sisi sana atau sini.

Maka kelihatannya akan semakin bingung, akan kekiri atau kekanan, maju atau mundur, ke kiri 'oke', ke kanan 'oke', akan tetapi kemungkinan 'no' oke juga. Serukan ketika perasaan bersama pikiran saling berdialog untuk mengambil keputusan diantara menimbang-nimbang penyelesaian persoalan. Entah soal cintrong telah lama terbengkalai atau soal lamaran, pindah kerja.

Ini soal memang begitu. Tapi rasanya begini loh. Akh! Coba ini mungkin lebih cocok, saat memilih baju atau hendak membeli sepatu. Tapi kan dua soal itu berbeda dengan mempertimbangkan perasaan manusia, lain loh. Apa iya. Bukannya serupa, sedikit sama. Beda dong. Baju atau sepatu jelas benda mati. Kalau perasaan? Cintrong misalnya. Nah loh.

Alamak itu sebabnya perlu fokus. Yak ellah, fokus pun perlu ditimbang dulu kan, berat mana soal ini atau  itu. Diafragma atau bukaan lensanya pun harus tepat dengan pencahayaan masuk kan, baru 'klik' itupun akan agak blur jika tangan sedikit saja gemetar. Sulit ya ternyata menentukan fokus. Nah disitu barangkali tantangannya untuk menemukan jawaban tertepat.

Sebelum menutup artikel simpang-siur ini. Ada berita indah dan menarik dari saudara setanah air, Kompas tv, 2017:

Dulu keruh kini indah nian. Kagum aku dibuatnya. Beliau ini langsung fokus. Salam Damai Indonesia Unit.

Dok: Kompas tv: Ikhlas pada sesama dan lingkungan.
Dok: Kompas tv: Ikhlas pada sesama dan lingkungan.
Jakarta., Indonesia, July 28, 2018.

*) Terima kasih anda telah membaca artikel ini. Salam bahagia.