Mohon tunggu...
GONG2019
GONG2019 Mohon Tunggu... Gong adalah Semangat

Kenek dan Supir Angkot.

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Puisi | Zarah

29 Juni 2017   05:22 Diperbarui: 29 Juni 2017   06:55 0 4 2 Mohon Tunggu...
Puisi | Zarah
Kompasiana image by Gong 2017

Tidak saja jiwa akan mati tapi hidup tidak bermakna ketika hujan merah membawa epidemi campak untuk hidup sebab ekosistem tak lagi sempurna. Sebab akibat tak memelihara kehidupan di dalamnya. Sebab lalai telah menjadi produk jual beli di pasar terbuka peradaban makhluk hidup. Azab bukan lagi sebagai noda perlu di sembuhkan menuju kesadaran universal.

Luka-luka bernanah pun lalat tak lagi menyukai karena ia telah menjadi gigantic pemangsa para pemilik luka itu. Sebab jelaga telah meradang pekat pada hati tak semarah darah, telah menjadi kelam cuaca tenung udara, pada laut, pada bumi bagai global tembaga membara, sebab nuklir menjadi mainan perjudian ketika kritik telah menjadi batu.

Lalu apa bertanya pada siapa, lalu siapa bertanya pada apa. Kata-kata menjadi simbolisme alfabetis tak terbaca pikiran, analisa jatuh menjadi barang aneh benturan logika tak menemukan satwa matematis sebab ruang-ruang tak menemukan bentuk esensi realitas. Gagap bertemu kata terbalik kepada tekno. Klona bagai ledakan perkembangan genetika.

Peradaban komunikasi bertolak dari nurani. Pilihan telah ditentukan mikron analisa sepersejuta meter, molekul berevolusi menjadi ledakan dalam diri saat khianat belum dinyatakan, telah dibaca sistem kebaruan alam raya. Hitungan evolusi berbanding terbalik tak seperti bejana penghantar akumulasi, di matikan atau di hidupkan.

Tubuh tidak lagi serupa alam raya. Ledakan besar muncul dari kegaiban antar bimasakti. Membentuk nebula-nebula gemerlapan seakan indah terus menggulung memutar semua bintang di inti putaran gravitasi semesta. Pintu-pintu telah tertutup bagi semua harapan. Musnah oleh laku peranan-peranan. Gelegar ketamakan meluluh lantakkan ruh di dalam jiwa-kosong.

Jakarta, Indonesia, June 29, 2017.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x