Mohon tunggu...
Godwin Heriachandra
Godwin Heriachandra Mohon Tunggu... Minimalist

Seseorang yang peduli terhadap lingkungannya, serta sangat suka bertanya dalam hal hal yang tidak terduga

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

"Ayo Habiskan Makanan Kalian, Nak"

21 Januari 2020   15:21 Diperbarui: 21 Januari 2020   16:24 7 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Ayo Habiskan Makanan Kalian, Nak"
haibunda.com

4 Fakta mengapa nasihat orang tua ini sangat bermanfaat.

Saya yakin, Kita semua pernah dinasihati untuk menghabiskan makanan kita oleh orang tua kita , terlepas dari latar belakang yang beragam. Semua itu dididik oleh orang tua kita dengan tujuan untuk mensyukuri makanan kita. 

Namun tahukah di balik nasihat itu, ternyata ada fakta menarik lainnya mengenai nasihat ini yang mungkin kalian sendiri tidak tahu? Berikut faktanya mengapa menghabiskan makanan itu penting.

1. Makanan yang kalian makan berasal dari seluruh pelosok negeri

Mari kita ambil bawang sebagai contoh. Bawang telah menjadi komoditas pokok untuk memasak makanan. Namun tahukah kalian bahwa hal kecil seperti bawang putih dan merah mayoritasnya diproduksi di Kalimantan Barat dan Kalimantan selatan? 

Makanan yang telah disajikan adalah kombinasi bahan makanan yang menempuh jarak yang tidak dekat dengan berbagai macam transportasi sehingga kebutuhan kita dapat terpenuhi. Mengetahui hal itu, apakah anda yakin masih ingin tidak menghabiskan makanan itu?

2. Menghabiskan makanan secara tidak langsung membantu mengurangi pemanasan global

Tahukah kalian makanan yang membusuk akan mengeluarkan zat metana, yang notabene 23 kali lebih kuat pengaruhnya terhadap pemanasan global daripada karbon dioksida? Metana sendiri dapat berasal dari makanan yang membusuk tanpa adanya oksigen yang memadai. 

Pemilahan sampah di Indonesia sendiri masih kurang dibandingkan pengelolaan septic tank kita mengingat penduduknya sendiri sering menggabungkan sampah menjadi satu, sehingga menghabiskan makanan sangat membantu dalam memerangi pemanasan global.

3. Melatih "Conscious Eating" atau kesadaran makan

Seiring berjalannya waktu, kalian akan tahu seberapa banyak kapasitas makanan yang kalian bisa tamping. Selain dapat membantu diri kalian sendiri untuk menjadi lebih sehat, dalam skala besar hal ini bisa menjadi dampak positif bagi kita semua karena dapat mengurangi produksi makanan yang tidak diperlukan dan menghemat pengeluaran kita semua.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN