Mohon tunggu...
GERBANG MUNTE
GERBANG MUNTE Mohon Tunggu... Wiraswasta - WILL BE

biasa aja

Selanjutnya

Tutup

Politik

Indonesia Maju dengan Politik Identitas

21 September 2022   23:58 Diperbarui: 22 September 2022   00:00 65 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Indonesia adalah sebuah negara kepulauan terbesar di dunia dengan keanekaragaman suku, budaya, agama dan ras. Keanekaragaman yang dimiliki oleh Indonesia adalah sebuah anugrah besar yang harus disyukuri. Keanekaragaman Indonesia dengan penduduk nomor 4 paling banyak di dunia merupakan sebuah kekuatan untuk semakin memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Kenyataan yang terjadi, bangsa ini sering dihadapkan dengan permasalahan yang cenderung mengakibatkan perpecahan yang mengakibatkan ketidakstabilan politik dan ekonomi.

Ketidakstabilan politik biasa muncul diawali dengan adanya pemilihan umum baik pemilihan kepala daerah, pemilihan anggota dewan perwakilan rakyat maupun pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. masyarakat Indonesia mungkin masih ingat betapa kerasnya percaturan politik tahun 2017 saat pemilihan Gubernur dan Wakil gubernur DKI Jakarta, saat itu berhadapan antara pasangan Anies Baswedan dan Basuki Tjahja Purnama (Ahok). Aroma dan dampak yang terjadi saat itu bukan hanya dirasakan oleh masyarakat ibu kota tapi sampai kepada seluruh penjuru daerah. Disaat panasnya susana politik pemilihan Gubernur DKI Jakarta mengkhawatirkan banyak pihak terutama para pengamat politik yang mengkhawatirkan tentang politik identitas. Mereka khawatir dengan politik identitas akan membuat semakin kacau dengan melihat kenyataan bahwa dalam masyarakat baik di ibukota maupun di daerah muncul berbagai golongan atau kelompok yang mendukung salah satu pasangan Gubernur dengan menampilkan identitas kelompok masing-masing.

Sebenarnya kekhawatiran para pengamat terhadap lahirnya politik identitas tidak masuk akal sebab indonesia berdiri samapai dengan saat ini dan kemungkinan besar sampai yang akan datang selama sistem demokrasi indonesia tidak dirubah akan tetap berdampingan dengan namanya politik indentitas dan tak mungkin dihilangkan. Politik identitas kalau diartikan adalah sebagai cara berpolitik yang mengutamakan kepentingan kelompoknya yang didasari oleh kesamaan identitas baik agama, gender, budaya dan lain-lain. Pertanyaan yang paling mendasar adalah dimana letak kesalahan politik identitas?, bukankah partai politik juga bahagian dari politik identitas, karena partai juga adalah bahagian dari kelompok yang memiliki kesamaan tujuan, partai politik selalu menunjukkan identitasnya untuk memperkenalkan diri dan menarik minat orang untuk bergabung.

Politik identitas bukan sesuatu yang salah justru harus diperkuat, kemajuan Indonesia harus dengan politik identitas yang mengedapankan moral dan etika bukan dengan identitas yang tidak jelas. Ketidakpahaman tentang politik identitas akan semakin memperkeruh dan menjauhkan Indonesia dari identitasnya sebagai bangsa yang berdasarkan pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan