Mohon tunggu...
Grant Gloria Kesuma
Grant Gloria Kesuma Mohon Tunggu... Karyawan Swasta

Peracik fiksi. Penangkap momen. Penabur melodi. Akun lama: http://www.kompasiana.com/glorygrant

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Mempertebal Rasa Cinta Tanah Air melalui Peringatan Waisak

19 Mei 2019   22:11 Diperbarui: 19 Mei 2019   22:45 0 2 2 Mohon Tunggu...
Mempertebal Rasa Cinta Tanah Air melalui Peringatan Waisak
Foto Pribadi

Hari Waisak merupakan hari yang ditunggu oleh umat Buddha. Pada hari ini, umat Buddha melaksanakan puja bhakti di wihara. Selain itu, ada juga acara puja bhakti di candi-candi, seperti Candi Sewu dan Candi Muaro Jambi atau tempat-tempat bersejarah peninggalan agama Buddha. 

Seperti hari raya lainnya, hari Waisak juga diwarnai dengan kegiatan silaturahmi atau berkunjung ke rumah-rumah keluarga dan teman yang merayakan Waisak. Para umat juga saling berkirim ucapan selamat baik saat bertemu langsung maupun melalui media sosial.

Walapun Hari Raya Waisak tahun ini diperingati tanggal 19 Mei 2019, biasanya satu bulan sebelumnya sudah banyak rangkaian kegiatan untuk menyambut hari raya. Kegiatan-kegiatan tersebut misalnya donor darah, berkunjung ke panti asuhan atau panti jompo, meditasi, dan lain-lain. Pada umumnya, kegiatan yang dilaksanakan adalah kegiatan amal.

Foto Pribadi
Foto Pribadi
Setiap tahunnya, tema Waisak selalu berganti. Tahun ini temanya Mencintai Tanah Air. Perayaan Waisak kali ini menjadi meriah karena tema cinta tanah air tersebut. 

Di berbagai wihara, para panitia memakai pakaian adat Indonesia sesuai dengan daerahnya masing-masing. Ada juga yang menampilkan tarian daerah dalam rangkaian kegiatan Waisak di wiharanya. 

Dengan tema tersebut, diharapkan umat dapat mempertebal rasa cinta tanah air. Cinta tanah air tuh tidak membeda-bedakan, menjaga kedamaian, dan ketertiban. Semoga negara aman dan damai. Semoga semua berbahagia.

Selamat Hari Waisak!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x