Mohon tunggu...
Maria Melanie Gitareja
Maria Melanie Gitareja Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Kedokteran

Medical

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Positif Bikin Panik? Mahasiswa Undip Ajarkan Cara Isolasi Mandiri yang Benar

4 Agustus 2021   17:17 Diperbarui: 4 Agustus 2021   18:29 104 1 0 Mohon Tunggu...

Kelurahan Sampangan, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang (30/7). Berdasarkan data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia per 30 Juli 2021, kasus terkonfirmasi positif bertambah 41.168 dengan angka kematian bertambah 1.759. Dengan meningkatnya kasus Covid-19 dan keterbatasan bed pada rumah sakit tentunya membuat masyarakat merasa semakin resah dengan kondisi pandemi yang tidak kunjung berakhir. Dikarenakan hal ini, dilaksanakan suatu program edukasi "Hal-Hal yang Perlu Dilakukan dan Diperhatikan Saat Menjalani Isolasi Mandiri di Rumah" kepada masyarakat di Kelurahan Sampangan.

Edukasi dilakukan melalui media booklet dimana booklet yang dibuat berisi informasi-informasi menarik seperti makanan, minuman, dan obat-obatan yang dapat dikonsumsi selama menjalani isolasi mandiri, ruangan yang digunakan, pencegahan yang dapat dilakukan agar tidak menularkan ke anggota serumah, serta red flags pada pasien. Booklet dibagikan kepada masyarakat secara langsung serta diberikan penjelasan mengenai isi booklet, warga juga diizinkan untuk bertanya.

Warga juga terlihat sangat antusias mendengarkan penjelasan dari mahasiswa terlebih dikarenakan anggota KKN adalah mahasiswa kedokteran yang mengerti tentang kesehatan. Selain diberikan booklet sebagai media edukasi, warga juga diberikan souvenir berisi masker medis, masker kain, dan vitamin.

Harapan warga untuk pandemi ini agar segera berakhir dan Indonesia dapat segera pulih. Warga juga berterimakasih kepada mahasiswa Tim II Undip yang sedang melaksakan KKN dan agar ke depannya dapat menjadi dokter yang baik yang memperhatikan pasiennya.

Diharapkan dengan diadakannya program ini dapat membantu warga untuk lebih mengerti mengenai tata cara isolasi mandiri sekaligus membantu meringankan beban warga dengan diberikannya vitamin yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan imun.

 

Penulis: Maria Melanie Gitareja

DPL: drg. Isniya Nosartika, MDSc., Sp.Perio

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN