Mohon tunggu...
Gita Nuryulia
Gita Nuryulia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mencoba memanfaatkan ketertarikan dalam menulis dan menyalurkan kepada orang banyak.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Konsep Islam Rahmatan Lil Alamin dan Penggunaannya sebagai Model Pendidikan Islam dalam Memasuki Asean Community

6 Desember 2021   22:10 Diperbarui: 6 Desember 2021   22:19 173 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PENDAHULUAN

Ilmu dakwah memiliki sejarah pemikiran tersendiri dan pastinya pengenalannya akan lebih berkembang karena literatur yang semakin berkembang pula menyangkut ilmu tersebut. 

Dakwah Islam dan ilmu dakwah (Islam) jelas mempunyai perbedaan yang sangat jelas. Dakwah merupakan hal yang memang sejak zaman nabi sudah ada, maka dakwah sebagai salah satu aktivitas yang menyatu dengan sejarah. 

Walaupun dakwah sudah menjadi aktivitas yang berhubungan erat dengan gerak Islam sejak awal, namun tidak semudah muncul ilmu dakwah dengan sendirinya. 

Bahkan sampai saat ini, ilmu dakwah masih menjadi ilmu yang baru, sehingga masih banyak muncul pertanyaan terkait eksistensi dari ilmu dakwah ini. Satu hal yang jelas, bahwa sejarah perkembangan ilmu dakwah tentunya tidak bisa terlepas dari sejarah dakwah itu sendiri.

Pada sisi lain, bahwa belum adanya pengalaman yang banyak berhubungan dengan tradisi keilmuan ini justru menjadikan ilmu dakwah menjadi sikap disiplin yang paling mendatangkan tantangan tersendiri. Ilmu dakwah menjadi “sesuatu” yang dapat dengan mudah untuk dibuat sedemikian rupa bentuknya. 

Termasuk dalam hal penulisan artikel ini yang di mana merupakan hal relatif “baru” dalam ilmu dakwah. Kenyataan ini sebenarnya tidak baik karena sebenarnya ilmu dakwah yang sudah lama dikaji belum diketahui sejarah perkembangan, nasab, dan silsilah atau sanadnya oleh banyak kalangan. 

Selain karena itu belum adanya tradisi keilmuan dakwah yang panjang dan matang, juga membuat ia memiliki kesempatan banyak untuk meminjam ilmu-ilmu lain yang sudah ada dan mapan yang bertujuan dijadikannya ilmu bantu dakwah.

PEMBAHASAN

1. Definisi Islam Rahmatan lil Alamin

 Dewasa ini, tanpa adanya sebuah kehidupan yang aman dan damai pastinya aktivitas kehidupan akan selalu terganggu, bahkan bisa mengalami kendala dalam berbagai hal yang mengakibatkan negara mengalami kemunduran. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan