Mohon tunggu...
Gita KhoerunNisa
Gita KhoerunNisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Ilmu Hukum

Ilmu Hukum

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pandemi Covid-19 Masih Berlangsung? Mahasiswa Undip Edukasi Tentang Penerapan Kebiasaan Baru Saat Pandemi

1 Agustus 2021   10:21 Diperbarui: 1 Agustus 2021   10:49 30 1 0 Mohon Tunggu...

Slawi (27/7) Seringi dengan perkembangan masa pandemi saat sekarang ini, tingkat kesadaran serta dasar pemahaman marak terus digencarkan baik dari semua lapisan masyarakat.

Tidak kita pungkiri masih ada beberapa masyarakat yang tidak menau akan masa pandemi ini, baik secara dasarnya mengenai Corona Virus Disease 19 atau yang dikenal dengan Covid-19 apalagi hingga bagaimana persiapan masing--masing individunya. 

Dari sanalah saya menuangkan bentuk nyata untuk masyarakat di Desa Dukuhwringin mengenai Penyuluhan mengenai kebiasaan baru yang harus diterapkan masyarakat dalam rangka pencegahan Corona Virus Disease 19 (Covid-19), dengan pembuatan poster. 

Pembagian masker dan vitamin secara door to door merupakan tindakan awal saya untuk menimalisir penekanan angka penyebaran Covid-19, dimana tidak megundang banyak kerumunan serta tetap memperhatikan protokol kesehatan

Dengan hal tersebut sasaran edukasi ini menggunakan pendekatan persuasif baik bagi msyarakat yang buta huruf atau tidak, baik yang sepuh atau tua, muda, dan anak -- anak. Selain edukasi juga memberikan masker kain dan vitamin untuk masyarakat yang di temui di area pasar krempyeng yang tepat sasaran.

Manfaat bagi masyarakat Desa Dukuhwringin, Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal adalah untuk meningkatkan kesadaran diri, pemahaman dan pengetahuan masyarakat mengenai penggunaan masker dan rutin meminum vitamin, serta kebiasaan kebiasaan lain yang sudah dirangkum dalam poster yang dibagikan kepada warga setempat. 

Sehingga dapat mencegah penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) tanpa mengabaikan dampak psikologis masyarakat. Kegiatan ini juga bermanfaat untuk meningkatkan antisipasi masyarakat terhadap perkembangan eskalasi Covid-19, memperkuat upaya penanganan kesehatan dan mengurangi stigma negatif di masyarakat tentang Covid-19. 

Serta tak lupa membantu himbauan Pemerintah dalam rangka pencegahan penyebarannya untuk mengurangi dampak ekonomi, sosial dan keamanan yang ditimbulkan.

Penulis: Gita Khoerun Nisa, Fakultas Hukum, Prodi Ilmu Hukum.

Dosen Pembimbing KKN: Ir. Rudy Hartanto, S.Pt., M.P., Ph.D. IPM

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x