Mohon tunggu...
Gita Blantic
Gita Blantic Mohon Tunggu... Mahasiswa - Communication Science Students

Haii semuaa, terima kasih telah berkunjung. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Semakin Peduli lewat KOPHI

19 Maret 2021   00:09 Diperbarui: 19 Maret 2021   00:21 196
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Membahas mengenai isu lingkungan, menjadi topic perbincangan yang tidak akan ada habisnya. Pencemaran tanah dan air, polusi udara, hingga kerusakan hutan, menjadi masalah lingkungan yang kerap terjadi di Indonesia, khususnya daerah perkotaan. 

Tingginya angka kepadatan penduduk, membuat aktivitas masyarakat ikut melonjak naik. Sampah plastik yang merupakan hasil dari konsumsi warga perkotaan, merupakan jenis sampah yang sulit terurai, dan akhirnya membentuk tumpukan sampah yang menimbulkan pencemaran tanah. 

Beberapa masyarakat memang sudah menyadari bahaya dari sampah plastik dengan mengurangi pemakaiannya, namun tetap saja masih banyak masyarakat yang lebih senang menggunakan plastic, yang akhirnya menimbulkan masalah lingkungan yang serius. 

Untuk menangani hal tersebut, terkadang kita perlu melakukan Analisis Sosial untuk mengetahui lebih jauh terkait isu lingkungan yang terjadi disekitar kita, sehingga dari analisis tersebut, kita bisa menentukan tindakan seperti apa yang harus kita lakukan untuk mengatasi permasalahan yang ada.

Dalam mata kuliah ini yakni Analisis Sosial, saya memilih Komunitas KOPHI Jogja untuk diteliti karena saya melihat bahwa komunitas ini mengajak para anak muda untuk lebih peduli terhadap isu lingkungan di sekitar mereka, sekaligus mengajak mereka untuk memperbaiki lingkungan yang sudah rusak. 

Dalam mata kuliah ini, ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum kita melakukan analisis mendalam terhadap komunitas tersebut.

Tahapan pertama yang harus kita lakukan, tentunya adalah persiapan. Sebelum saya memilih komunitas ini, ada banyak persiapan yang saya lakukan, hingga akhirnya memutuskan komunitas ini untuk menjadi Objek penelitian dalam mata kuliah Analisis Sosial. 

Yang menjadi poin utama bagi saya sebelum saya memutuskan meneliti suatu komunitas ialah, saya mencari tahu terlebih dahulu komunitas mana yang saat ini sedang melakukan kegiatan mereka secara online. 

Mengingat situasi sekarang yang mengharuskan kita untuk berada dirumah, sehingga tidak memungkinkan buat saya untuk melakukan analisis langsung ke lapangan. 

Maka dari itu, saya mencari komunitas yang sedang menjalankan kegiatan mereka secara online. Saya menemukan komunitas ini melalui penelusuran google, dan melihat ada nama KOPHI Indonesia tertera disana. setelah saya menelusuri lebih jauh, ternyata komunitas ini tidak hanya berada di Jogja namun di berbagai daerah  di Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun