Mohon tunggu...
Gita FitriAnggraini
Gita FitriAnggraini Mohon Tunggu... Berusaha yakin, positiv thinking

Latahzan innallaha ma'ana, belajar berproses. semakin kita bingung semakin kita beproses dalam belajar. Hamasaah

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mengingatmu atau Melupakanmu? dalam perspektif perkembangan kognitif

13 Maret 2021   22:42 Diperbarui: 14 Maret 2021   12:28 139 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengingatmu atau Melupakanmu? dalam perspektif perkembangan kognitif
mengingatmu-atau-melupakanmu-dalam-perspektif-perkembangan-kognitif-604d4d43d541df74964065a2.jpg

Dari judul yang telah saya buat mengenai mengingatmu atau melupakanmu, eitsss jangan salah paham. hal tersebut memiliki pandangan dalam perspektif perkembangan kognitif.

Setiap manusia pasti memiliki pengalaman, kejadian, atau kenangan yang telah mereka buat dan mereka rangkai. Kenangan, pengalaman, dan kejadian tersebut tersimpan loh dalam ingatan manusia. akan tetapi, pengalaman atau kenangan tersebut bukan hanya berupa kenangan yang indah, bagus yang dapat di ingat. Melainkan, dalam kenangan, pengalaman, dan kejadian juga memiliki kisah atau kenangan yang menyedihkan sebagaimana hal tersebut sering dilupakan dan sering diingat.

Tiap Manusia pasti memiliki ingatan dalam dirinya, hal tersebut diketahui sebagai memori. Memori memiliki peran penting untuk kebutuhan sehari-hari manusia, sebagaimana memori dapat menyimpan atau menampung suatu informasi yang mereka dapatkan dari suatu kejadian, pengalaman, atau informasi dari seseorang yang disimpan dan diolah dalam otak baik itu memori yang menyenangkan atau memori yang menyedihkan. Nah, dari memori-memori yang telah disimpan atau ditampung dalam otak, manusia akan dapat mengingat suatu kejadian yang telah mereka alami dengan mengutarakan atau menceritakan ingatan tersebut, dan bisa jadi manusia lupa akan kejadian dalam ingatan yang telah disimpan dan dikelola dalam otak.

Sebelum mengupas tentang memori, pasti kalian memiliki kenangan dalam masa lalu. Apa kalian ingat dengan kenangan, pengalaman, kejadian di masa lalu? Kenangan apa yang kalian ingat? Atau bahkan sebaliknya kalian lupa akan kenangan atau kejadian yang pernah kalian lalui?

Nahh, dari hal tersebut memori dalam manusia juga dapat diketahui terdapat proses dalam menyimpan kenangan atau informasi yang didapat dari seseorang dengan melalui panca indera dari apa yang dilihat, didengar, dan apa yang mereka rasakan. Kemudian dari proses melalui panca indera disalurkan ke sistem saraf lalu menuju dikirimkan ke otak.

Setiap manusia memiliki daya ingatan yang berbeda-beda satu sama lain, ada yang kuat dalam mengingat memori hingga 10 tahun yang lalu, dan ada yang lupa dengan memori yang lampau ataupun dalam waktu hitungan sekejap. Memori pada manusia terbagi menjadi dua bagian yakni memori jangka panjang dan memori jangka pendek. 

Pasti kalian mengira jika memori jangka panjang berupa ingatan yang masih teringat meskipun telah menjangkau waktu yang cukup lama dan memori jangka pendek berupa ingatan dengan singkat waktunya. Nah benar sekali, memori jangka panjang berupa adanya ingatan yang teringat dengan jangkauan waktu yang cukup lama, dan sedangkan memori jangka pendek berupa ingatan dengan jangkauan waktu yang singkat tetapi membutuhkan waktu untuk mengingat-ingat.

Berbicara mengenai 2 bagian memori yakni memori jangka panjang dan jangka pendek, terdapat salah satu contoh agar kita dapat mengetahui secara lebih luas mengenai memori jangka panjang dan jangka pendek. nah salah satu contoh mengenai memori jangka pendek ketika seseorang ingin mengingat nomor teleponnya sendiri yang baru, seseorang tersebut harus selalu mengingat-ingat nomor barunya dengan jangka waktu yang singkat. nah, dengan adanya pengulangan untuk mengingat-ingat nomor barunya, infromasi nomor lama akan terhapus dan tergantikan oleh ingatan baru dari nomor barunya. hal tersebut terdapat adanya proses pengulangan agar seseorang tersebut cepat ingat. proses dari memori jangka pendek ruang penyimpanan untuk sebuah informasi hanya bersifat sementara saja, informasi  yang tersimpan dalam memori jangka pendek hanya berjumlah kecil. berbeda dengan memori jangka panjang sebagai gudang penyimpanan informasi bersifat permanen dan memiliki kapasitas ruang penyimpanan yang yang tidak terbatas. 

Berbeda dengan memori jangka  pendek yang telah diulas, salah satu contoh nih dari memori jangka panjang misalnya pengalaman atau kenangan yang telah terjadi di masa lampau, akan tetapi seseorang tersebut membutuhkan waktu untuk mengingatnya dengan kejadian-kejadian yang yang telah mereka rasakan dan alami. Semisal nih putri saat ini sudah berusia 20 tahun dan duduk di bangku perkuliahan, putri menghadiri acara reuni sekolah di bangku SMP, ia bertemu dengan teman-teman sekelasnya, para guru, wali kelas dan lain sebagainya. Namun, tiba-tiba ada yang memanggilnya sedangkan yang memanggil putri tersebut adalah teman dekatnya sewaktu di SMP yang pada saat itu berpindah sekolah ke luar kota. Putri tidak mengingat teman dekatnya tersebut, karena mereka jarang bertemu dan berkomunikasi setelah temannya pindah sekolah keluar kota. Putri belum mengingat siapa dia, tetapi teman nya telah menceritakan kejadian bila ia pindah sekolah dan temannya menceritakan selama berteman dengan putri hampir tiap waktunya dilakukan dengan bersama-sama mulai dari pergi ke kantin bareng, mengerjakan tugas , dan lain sebagainya.

Namun, dari cerita dan kejadian-kejadian tersebut putri belum mengingatnya, karena ingatan putri telah digantikan dengan ingatan lainnya. Akan tetapi, selang beberapa waktu/ hari putri mencoba untuk mengingat-ingat dan ia telah sadar bahwa putri pernah sedekat itu dengan teman terdekatnya yang berpindah sekolah ke luar kota. Nah, itulah salah satu contoh dari memori jangka panjang yang dapat di ingat dengan melalui kejadian atau pengalaman yang telah terjadi yang dapat diingat kembali. Dengan adanya memori jangka pendek dan memori jangka panjang, dari hal tersebut tidak menjamin seseorang kuat dalam ingatanya, bisa jadi seseorang tersebut telah lupa akan ingatan yang bagi mereka anggap tidak ingin diingat kembali. eitsss memori yang ada pada manusia bukan hanya bisa mengingat saja loh, tetapi manusia juga bisa lupa. Nah, aktivitas kerja otak dalam memori manusia bukan hanya untuk mengingat saja. melainkan, manusia juga pernah mengalami lupa loh? hayo karena apa manusia lupa? atau malah sebaliknya manusia tersebut degan sengaja melupakan kenangan? kejadian? dan hal tersebut dilupakan dengan sengaja karena adanya sebab. 

Manusia cepat lupa karena ketika manusia mendapatkan informasi, kenangan, atau kejadian yang ia dapatkan hanya terbatas, dan hal tersebut dikelola dalam ingatan memori yang tidak membutuhkan waktu lama didalam otak. Ada 2 hal yang terjadi pada manusia mengenai lupa, ada seseorang yang mudah lupa dan seseorang sengaja untuk melupakan. Nah, dari seseorang yang mudah lupa terjadi karena terdapat tumpukan dari informasi-informasi baru sehingga informasi lama atau pengalaman lama akan otomatis tertimbun dan menjadi lupa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x