Mohon tunggu...
Gita FitriAnggraini
Gita FitriAnggraini Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Yakin, Be positive. "You are who you are, not you for others"-git

Latahzan innallaha ma'ana, belajar berproses. Semakin kita bingung semakin kita beproses dalam belajar. Hamasaah

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Keterampilan Hubungan (Relationship Skills) Pada Anak Usia Dini Terhadap Guru dan Teman di Sekolah

27 April 2020   20:03 Diperbarui: 27 April 2020   20:01 102
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Apa kalian tahu apasih hubungan itu? kalian sendiri memiliki hubungan apa terhadap orang tua, adik, dan kakak? nah, dari kata hubungan ini yakni kita saling berhubungan saling berkaitan yang mana orangtua, kakak dan adik adalah memiliki hubungan keluarga dan saudara. keteampilan hubungan atau relationship skills ini yakni kemampuan yang dapat membangun dan mempertahankan hubungan yang sehat terhadap individu maupun kelompok. kita sebagai makhluk sosial, yang mana memiliki keterampilan hubungan terhadap orang lain. karena pada dasarnya, makhluk sosial adalah makhluk yang saling tolong menolong terhadap sesama tidak memandang apapun. 

Pada keterampilan hubungan atau relationship skill ini memiliki komponen yang mana dapat menciptakan hal tersebut. komponen ini masih saling berkaitan dengan self-awareness (kesadaran diri), self-management (manajemen diri) dan social awareness (kesadaran sosial). mengapa demikian hal ini saling berkaitan dengan relationship skills? karena dalam berhubungan dibutuhkan adanya komunikasi dengan satu sama lain. hal ini dapat dicapai melalui diri sendiri yang mana kita dapat mengembangkan nya dengan berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain, agar dapat menjalin keterampilan hubungan. dari kesadaran diri, kita juga perlu adanya manajemen diri, karena apa? dalam menjalin keterampilan hubungan ini kita dapat mengatur dan mengontrol yang mana bagi kita bisa menempatkan kondisi emosi atau tindakan dalam suatu keadaan, dalam berhubungan juga dibutuhkan arti keselarasan yang mana dapat diatur dalam manajamen diri. dengan adanya kesadaran diri dan manajemen diri, kesadaran sosial untuk menjalin keterampilan hubungan ini, karena kita makhluk sosial, yang mana kita hidup untuk berinteraksi dengan sosial dan orang lain, tidak untuk hidup sendiri, melainkan untuk bersama-sama saling membantu dan menolong. 

komponen keterampilan hubungan bukan hanya itu saja,kita dapat menerapkan komponen-komponen ini dalam kehidupan sehari-hari, karena dalam kehidupan sehari-hari komponen ini sangat diperlukan terutama pada guru dan teman. yakni sebagai berikut:

1. komunikasi, komunikasi ini adalah cara kita yang dapat berinteraksi atau menyampaikan sesuatu apa yang kita ungkap melalui kata-kata yang mana dapat mempermudah seseorang dalam berinteraksi. dalam komunikasi untuk keterampilan hubungan ini sangat penting untuk anak usia dini. salah satu contoh seorang anak perempuan yang menangis pada saat tersebut terluka karena jatuh dari sepeda, orang tua akan menghampirinya dan menanyakan hal apa yang sudah terjadi. dari tangisan tersebut, anak berkomunikasi dengan orang tua. karena orangtua mengetahui apa yang harus di tindaki orangtua setelah hal tersebut, dan berkomunikasi ini dapat juga membangun kecerdasan sosial emosional terhadap anak, dan lain sebagainya. dalam berkomunikasi untuk membangun keterampilan hubungan ini juga dibutuhkan attitude dalam berkomunikasi yang baik, berkomunikasi yang saling menghargai, tertutama kepada orang yang lebih tua dari kita. dalam dunia pendidikan atau sekolah, guru sebagai penunjang berkomunikasi anak, karena dalam sekolah anak belajar mengenal huruf  dan belajar berkomunikasi dan berinteraksi dengan guru dan juga dengan temannya.

2. keterlibatan sosial, dalam keterampilan hubungan keterlibatan sosial dibutuhkan. karena dari kata hubungan ini yakni memilki makna yang berkitan dengan hal apapun terutama keterlibatan sosial. manusia adalah makhluk sosial, makhluk yang tidak dapat hidup sendiri tanpa adanya interaksi dengan manusia. karena dalam perkembangan sosial, merupakan pencapaian dari keterampilan hubungan. keterampilan hubungan terhadap guru dan teman ini juga membutuhkan keterlibatan sosial, karena guru dan teman juga merupakan makhluk sosial. 

3. membangun hubungan, masa pada anak usia dini yakni dikenal dengan masa golden age yakni masa keemasan yang maa segala kelebihan atau kekurangan pada masa anak ini tidak akan terulang untuk kedua kalinya. karena, pada masa perkembangan bayi akan bertumbuh menajdi anak-anak, dan anak-anak berkeembang menjadi remaja dan seterusnya. membangun hubungan ini bisa dimulai dari ruang lingkup keluarga, yang mana dapat menbangun hubungan untuk keterampilan hubungan terhadap orang lain. 

4. kerja team atau kerja kelompok, nahh dalam menumbuhkan keterampilan ubungan terhadap guru dan teman ini snagat membutuhkan kerja team, mengapa demikian? karena, untuk menciptakan hubungan anak usia dini belajar dengan kelompok, dengan berkelompok anak usia dini dapat berhubungan mana yang lawan mana yang musuh, karena dengan keterampilan hubungan sesuatu masalah yang belum terkendaali akan terselesaikan dengan kerja bersama-sama. 

Keterampilan hubungan atau relationship skills ini dapat dikembangkan atau diciptakan, yang mana dapat mengembangkan dimuali dari kesadaran diri sendiri atau bantuan orang lain. salah satu contoh hal yang dapat mengembangkan ketermapilan hubungan, yakni bermain peran, mengapa bermain peran dapat mengembangkan keterampilan hubungan? karena, dalam kegiatan pembelajaran anak-anak disekolah yakni mengutamakan bermain dan belajar. nah, dalam bermain dan belajar ini, bermain peran adalah hal yang dapat mengembangkan keterampilan hubungan tersebut. karena dalam bermain peran, anak dapat mengeksplorasi hubungan antar manusia dan cara memperagakannya dengan secara langsung dengan mengeksplorasi perasaan, sikap, watak, emosi dll. bermain peran dilakukan ini untuk meningkatkan keterampilan hubungan. 

Maka, dengan mengembangkan keterampilan hubungan ini juga dibutuhkan adanya pengawasan orang-orang sekita, guru dan sebagainya. karena anak-anak masih butuh perlindungan dan pengawasan pada orangtua. keterampilan hubungan ini sangat penting, jika tidak dimualii sejak dini, maka kita akan susah menerapkan keterampilan hubungan di masa yang mendatang 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun