Mohon tunggu...
Gita FitriAnggraini
Gita FitriAnggraini Mohon Tunggu... Berusaha selagi bisa

Latahzan innallaha ma'ana

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Peran Penting Keluarga dalam Pendidikan Anak Usia Dini

8 November 2019   23:29 Diperbarui: 8 November 2019   23:38 0 0 0 Mohon Tunggu...

Kehadiran seorang anak dalam keduanya disini mendapatkan dampak positiv dan negativ. Dengan adanya hal demikian mendidik anak sejak dini sangatlah penting yaitu bisa di didik dengan ruangan terbuka atau tertutup. Mendidik dengan ruangan terbuka yaitu diikuti dengan pendidikan formal disekola, sedangkan tertutup yaitu dengan memberi perhatian kepada anak, tetapi mendidik anak yang baik dan berhasil yaitu bagaimana orang tua dapat meluangkan waktunya untuk anak agar benar-benar terdidik dan terkontrol. 

Pada era zaman modern ini sangatlah maju dengan pesat, yang salah satunya adalah penggunaan gadget. Penggunaan gadegt saat ini sudah merajalela, yaitu tidak mengenal usia.anak-anak saat ini termasuk juga dalam golongan tersebut. Namun, di era saat ini modern teknologi semakin canggih. Semakin punah juga permainan tradisional anak. Dengan kehadiran teknologi yang canggih di indonesia juga diseluruh dunia. Saat ini kehadiran permainan-permainan online yang dapat dijangkau anak dengan sangat mudah. Dari hal tersebut banyak sisi negativ dan positiv. 

Penggunaan gadget pada anak-anak ini digunakan sesuka hatinya. Dalam hal ini akan menyebabkan anak merasakan hal candu terhadap gadget. Penggunaan gadget terhadap anak ini juga dapat menyusahkan orangtua untuk mengontrol kegiatan sehari-hari nya. Bukan hanya itu, banyak orang tua yang berasumsu jika gadget ini sangar menolong untuk perkembangan atau pertumbuhan seorang anak. Hal ini peran orang tua sangatlah perlu, karena orangtua di uji untuk mengontrol kegiatan yag anak lakukan agar dengan adanya gadget ini tidak berakibat kepada prestasi,belajar, dan interaksi anak kepada sesama.

Keadaan perkembangan zaman orangtua sangat wajib atau dituntut untuk bisa mendidik anak dengan baik dan benar. Kondisi lingkungan juga dapat mempengaruhu interaksi baik atau jelek anak kepada sesama. Dengan demikian jika orangtua sibuk,luangkan waktu untuk bersama anak dan mengontrol tiap waktunya, agar kita juga dapat mengetahui perkembangan anak. Salah satu hal yang harus kita ketahui mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Orangtua adalah salah satu peran pertama utama untuk anak berproses dengan baik sedemikian mungkin. Meluangkan waktu untuk anak agar dapat berkomunikasi dengan secara baik dan juga anak akan merasa terbuka.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x