Mohon tunggu...
Gita FitriAnggraini
Gita FitriAnggraini Mohon Tunggu... Berusaha selagi bisa

Latahzan innallaha ma'ana

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Pola Hidup Hedonisme di Kalangan Mahasiswa

18 September 2019   23:24 Diperbarui: 18 September 2019   23:25 0 1 0 Mohon Tunggu...

 Apa hedonisme itu? Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hedonisme merupakan ajaran atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia. Gaya hedonisme sangatlah marak dikalangan mahasiswa dibandingkan dengan kalangan pelajar. Gaya hidup mewah dan berlebihan ini menjadi ciri khas mahasiswa dikota besar yang dilandasi dengan gengsi dan berlomba-lomba untuk mempercantik penampilan. Gaya hidup berlebihan ini sangatlah dominan untuk mahasiswa baru,karena sifat kekanakan dari SMA masih terbawa, oleh karena itu mahasiswa baru ini tidak dapat mengontrol atau mengatur kondisi keuangan.

Gaya hedonisme ini bisa menjadi hal kebiasaan seorang mahasiswa. Mahasiswa seperti ini sering ditemui pada mahasiswa semester(1-2). Hedonisme akan menjadi hal kebiasaan buruk, karena posisi kita saat ini hanya seorang mahasiswa yang belum bisa merasakan susahnya mencari uang. Hedonise ini juga bisa dihindari dengan cara melakukan kegiatan yang positiv, seperti mengisi waktu senggang dengan hal yang bermanfaat. Salah satu faktor yang menyebabkan hidup dengan pola hedonisme yaitu terbagi 2, faktor intern dan ekstern. Faktor intern ini dimuai dengan adanya gaya hidup sejak lahir,yaitu yang didasarkan oleh penampilan kehidupan keluarga dan sejak dini. Sedangkan faktor ekstern ini dipengaruhi oleh lingkungan sekitar yaitu seperti meniru gaya hidup seorang publik figur. Dampak dari adanya gaya hidup hedon ini untuk masyarakat sebagai berikut:

1. Sikap individualisme

2. Konsumtif 

3. Egois 

4. Cenderung pemalas

5. Kueang bertanggung jawab

Bukan hanya itu saha,seorang anak yang sering dimanjakan oleh orang tua  juga dapat menyebabkan seseorang itu tumbuh menjadi manusia yang hedon. Dengan demikian, cara yang paling tepat untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan cara mengubah pola hidup yang pada mulanya bermewah-mewah menjadi hal sederhana. Serta berusaha menghemat pengeluaran selama menjadi mahasiswa

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x