Bisnis

Ternyata Ini Alasan Hilangnya Angka 4 dan 13 di Lift!

17 April 2018   15:23 Diperbarui: 18 Mei 2018   09:29 536 0 0
Ternyata Ini Alasan Hilangnya Angka 4 dan 13 di Lift!
Ternyata Ini Alasan Hilangnya Angka 4 dan 13 di Lift! Sumber: bersosial.com

Sering menemukan angka 4 dan 13 hilang saat sedang berada di lift? Tenang, kamu nggak salah lihat kok. Angka-angka tersebut memang sering kali nggak ditemukan pada deretan lantai lift. Tapi kejadian ini bukan karena keteledoran pengembang lho, melainkan ada alasan yang mendasarinya.

Lalu, apakah alasan hilangnya angka 4 dan 13 di lift? Yuk, cari tau jawabannya di sini!

Misteri Angka 4

1. Angka 4 Dikaitkan dengan 'Kematian'

Dalam Bahasa Mandarin, pelafalan kata "empat" mirip dengan kata "mati". Dan ternyata, hal ini menjadi salah satu alasan mengapa angka 4 dihilangkan dari deret lift. Selain menyiratkan makna yang buruk, hal ini juga dilakukan agar developer ataupun investor tidak mengalami dampak buruk.

2. Kursi Terbalik

Coba tulis angka 4 di selembar kertas. Kamu pasti akan menemukan bahwa bentuk angka ini mirip kursi terbalik. Dalam ilmu Feng Shui, kursi yang terbalik memiliki analogi jatuhnya kepemimpinan atau kedudukan seseorang yang memiliki pangkat yang tinggi. Nah, untuk menghindari tejadinya hal buruk, alhasil angka ini dihilangkan.

3. Tetraphobia

Nggak cuma kegelapan atau ketinggian, ternyata ada juga lho orang yang memiliki phpbia terhadap angka 4. Ya, phobia ini dinamakan tetraphobia. Karena itulah, ntuk menjaga kenyamanan pengguna/pengunjung, angka 4 pun dihapuskan dari lift.

Misteri Angka 13

1. Angka Sial

Pasti sudah banyak yang tau kalau angka 13 ini melambangkan kesialan. Dasar pemikiran ini sebenarnya adalah Friday, 13th yang dianggap hari sial di negara barat.

Selain itu, jika kita menjumlahkan kedua unsur, yaitu 1+3, maka hasilnya akan menjadi 4, yakni angka yang dianggap membawa kesialan bagi pengguna.

2. Triskaidekaphobia

Sama halnya dengan tetraphobia, penderita triskaidekaphobhia juga sangat takut dengan hal-hal berbau 13. Akhirnya untuk menjaga kenyamanan pengguna lift, angka ini pun dihilangkan.

Itulah alasan hilangnya angka 4 dan 13 dari lift. Tapi, nggak semua gedung menerapkan hal-hal tersebut lho. Masih banyak juga developer yang tetap menggunakan angka-angka ini pada deret lantai liftnya. Ya, hal ini sebenarnya kembali lagi pada kepercayaan masing-masing orang. Apakah kamu percaya mitos?