Mohon tunggu...
Gita Rosani
Gita Rosani Mohon Tunggu... Yogyakarta

I am just a little girl.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Lali Rasane Tresno: Penyanyi Genre Dangdut Tidak Dihormati

9 Mei 2021   11:35 Diperbarui: 18 Mei 2021   14:26 48 0 0 Mohon Tunggu...

Sebagaimana musik dangdut adalah musik asli Indonesia, yang menjadi tempat paling mudah untuk menyampaikan perasaan, saya sedikit sedih melihat bagaimana penyanyi dangdut direndahkan di atas panggung. Berdasarkan video ini https://youtu.be/FX4aUvf3Hcc, ketika pekerja seni Via Vallen sedang bernyanyi, kru lain tampak ikut memeriahkan dengan berdendang, "Senyum, dong, sayang." 

Namun, kita tahu bahwa dendangan tersebut telah masuk pada kategori kekerasan seksual secara verbal. Saya tidak tahu apakah Via Vallen merasa berat ketika menjalani fase hidup saat itu, namun dendangan kru tersebut seharusnya tidak perlu. Itu dapat memberikan beban tersendiri yang secara tidak sadar dirasakan Via. 

Semoga setelah ini, para penyanyi musik bergenre dangdut bisa lebih bebas dalam menyuarakan suara hatinya atau ketika sedang bekerja secara profesional. Bagaimana pun juga, RUU PKS belum juga sah di saat Indonesia darurat kekerasan seksual. Wanita adalah korban yang sering disalahkan, dipojokkan, oleh maskulinitas laki-laki. 

VIDEO PILIHAN