Mohon tunggu...
gita saraswati jelantik
gita saraswati jelantik Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Magister Kajian Sastra dan Budaya

Lulusan S1 Sastra Jepang Universitas Udayana Sedang menempuh pendidikan S2 di Magister Kajian Sastra dan Budaya Universitas Airlangga

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Strategi Diplomasi Publik Jepang terhadap Indonesia Melalui Idol Jepang

19 Desember 2022   13:00 Diperbarui: 19 Desember 2022   12:59 225
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Indonesia dan Jepang merupakan sebuah negara mitra yang telah menjalin hubungan bilateral dalam jangka waktu yang lama. Adapun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Jepang dimulai pada tanggal 20 Januari 1958 (Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, 2018) yang mana hubungan Bilateral kedua ini mencakup kerjasama di berbagai aspek seperti ekonomi, politik, sosial dan budaya yang dilakukan kedua negara untuk meningkatkan dan memperkuat kerjasama antar negara.

Dalam melakukan kerjasama antar negara, kedua negara tidak hanya melakukan kerjasama di dalam sebuah forum internasional yang dapat dilakukan oleh aktor negara, melainkan kerjasama antara Indonesia dan Jepang juga dapat dilakukan melalui people-to-people interaction dengan melibatkan kerjasama terhadap masyarakat internasional untuk memperkuat Kerjasama Bilateral. 

Meningkatnya kerjasama antara Jepang dan Indonesia khususnya pada aspek kebudayaan, hal ini dikenal dengan sebuah istilah yakni Japanese Popular Culture yang merupakan sebuah upaya yang dilakukan oleh Jepang untuk melakukan penyebaran budaya populer Jepang ke berbagai negara (Fathoni et al., 2021).

Salah satu Japanese Popular Culture tersebut adalah dengan munculnya Jepang Idol yang sangat diminati oleh masyarakat internasional dengan keindahan musik, pakaian khas jepang, dan budaya yang dapat memberikan pengaruh kepada masyarakat internasional akan keindahan penampilan yang dibawakan. 

Jepang idol merupakan sekelompok pemeran (artis) yang memiliki kemampuan dalam hal menyanyi yang dilakukan secara tim yang biasanya dikenal dengan istilah boyband atau girlband akan tetapi kelompok Jepang Idol merupakan sebuah kelompok yang berasal dari Jepang.

Adapun salah satu kerjasama antara Indonesia dan Jepang yang saat ini selalu diminati oleh banyak masyarakat Indonesia adalah adanya kehadiran idol Jepang di Indonesia yang kerap kali Idol Jepang menjadi sorotan dunia untuk ditampilkan di berbagai media. Munculnya budaya populer Jepang di Indonesia bermula pada tahun 1990-an, yang pada awalnya Jepang dan indonesia hanya melakukan kerjasama dalam publikasi komik-komik yang berasal dari jepang (Firmansyah, n.d).

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, peningkatan kerjasama Bilateral antara Indonesia dan Jepang pada bidang sosial dan budaya semakin meningkat khususnya Budaya populer melalui Jepang Idol yang diperkenalkan kepada masyarakat indonesia. Adanya kehadiran Idol Jepang, hal ini merupakan salah satu agenda dari kerjasama Bilateral Indonesia dan Jepang khususnya dalam kerjasama budaya populer dengan menampilkan musik, kostum-kostum, dan tarian yang dibawakan oleh Idol Jepang. 

Masyarakat internasional dapat menyaksikan sebuah pertunjukan oleh idol Jepang melalui berbagai platform yang disediakan untuk mencapai audiens dalam jumlah yang banyak, seperti poster, billboard, film, TV, iklan, CD, drama, dan pertujukan-pertunjukkan yang diselenggarakan di sebuah negara dengan mengirimkan Idol Jepang dari negara asal ke negara tujuan. 

Latar belakang dari terbentuknya Idol Jepang ini berawal pada tahun 1970, yang mana di era tahun tersebut Jepang mulai perlahan-lahan sudah memasuki sebuah era dengan tingkat perekonomian yang membaik sehingga hal ini menyebabkan masyarakat jepang melakukan peralihan pada gaya hidup dan pandangan mereka. Idol Jepang memiliki sebuah istilah khusus dalam bahasa Jepang, yakni Aidoru (Rahmawati, 2015/2016).

Aidoru merupakan sebuah fenomena baru yang ditampilkan oleh sebuah negara dengan adanya budaya populer yang pada awalnya Jepang hanya memaksimalkan budaya tradisionalnya, akan tetapi, seiring berjalannya waktu Jepang mulai untuk mengembangkan inovasi pada aspek budaya untuk mengembangkan budaya populer di Jepang dan juga merupakan sebuah strategi Jepang untuk mencapai sebuah citra baik sebuah negara di mancanegara.

Terlebih, dengan meningkatnya berbagai inovasi yang dibentuk melalui teknologi, eksistensi Idol Jepang semakin meluas di kalangan masyarakat internasional. Yang mana masyarakat internasional dapat mengakses Idol Jepang melalui media yang telah ada seperti live streaming, youtube, dan media sosial lainnya yang dapat disaksikan secara jarak jauh. Dengan adanya budaya populer melalui Idol Jepang, Jepang memiliki sebuah strategi untuk melakukan kolaborasi antara kebudayaan tradisional, modern, dan juga budaya asing. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun