Digital

Implementasi Data Mining pada Aplikasi Steam

19 Maret 2019   04:31 Diperbarui: 19 Maret 2019   05:50 66 0 0

Ada beberapa istilah yang sering juga dipakai dalam penyebutan data mining, yaitu knowledge extraction (KE), Knowledge discovery in databases (KDD), data dredging, data/pattern analysis, business intelligence (BI), dan data archaeology (Larose, 2005). Data mining adalah proses menemukan sesuatu yang memiliki arti dari suatu pola dan tren yang acak, cara data mining memilih pola dan tren yang ada yaitu dengan cara memilih-milih data yang berukuran besar yang berada di dalam penyimpanan database, menggunakan teknologi pengenalan pattern serta teknik matematika dan statistik. Data mining juga berfungsi memprediksi minat dan juga sifat-sifat dari bisnis, dimana data mining dapat mengotomatisasi proses pencarian informasi dan memprediksi minat di dalam database yang besar.

Salah satu penerapan data mining adalah untuk mengetahui minat genre atau jenis game yang disukai oleh konsumen dalam aplikasi steam. Steam sendiri adalah sebuah platform distribusi digital yang dikembangkan oleh Valve Corporation untuk membeli dan memainkan video game.

 Steam menggunakan data mining untuk menentukan konten game apa yang akan ditawarkan kepada konsumen, dengan cara semisal konsumen sering melihat game dengan genre "Tactical Shooter" atau "Adventure", maka steam akan lebih sering menawarkan game dengan genre yang sama kepada konsumen. 

Salah satu contoh lain adalah untuk mengukur tingkat kepuasan suatu game melalui review dari konsumen yang sudah membeli game tersebut. Informasi itu kemudian digunakan untuk mengetahui popularitas dari suatu game tersebut.