Mohon tunggu...
Giri Luka
Giri Luka Mohon Tunggu... Kadang merasa lelah, tapi harus tetap berjalan

Rimbo Bujang: Awal Semua Perjalanan...

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Robert, Jangan Lagi Bilang Pemain Persib Bukan Pilihanmu

27 Agustus 2019   21:14 Diperbarui: 28 Agustus 2019   10:13 287 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Robert, Jangan Lagi Bilang Pemain Persib Bukan Pilihanmu
Bobotoh bentangkan spanduk bertuliskan Lupa Caranya Menang? jelang berakhirnya laga Persela Lamongan vs Persib Bandung di Stadion Surajaya, Lamongan Kamis (8/8/2019) - (Foto: Tribun Jabar/Ferdyan Adhy Nugraha)

"Manajemen melakukan cuci gudang, 3 pemain asing menjadi korban: Bojan Malisic, Rene Mihelic, dan Artur Gevorkyan harus angkat kaki. Penggantinya: Nick Kuipers, Kevin van Kippersluis, dan Omid Nazari sudah masuk rencana melawan PSS Sleman." 

ROBERT Alberts ternyata tak menggaransi apa-apa untuk Persib Bandung. Kedatangannya sebagai pengganti Miljan Radovic sebagai juru taktik menjelang Liga 1 2019 bergulir cuma menempatkan tim kebanggaan bobotoh di posisi 12 klasemen sementara setelah menyelesaikan 16 pertandingan.

Setelah bermain imbang 1-1 di kandang Badak Lampung, Minggu (25/8), Persib telah mencatatkan tujuh laga beruntun tanpa kemenangan. Bukan berarti sembilan laga berujung kemenangan. Sebelumnya, Persib juga sudah pernah melewati enam laga berurutan tanpa sekalipun memperoleh tiga poin.

Nah, setelah mengalahkan Kalteng Putra dan PSIS Semarang, tujuh pertandingan cuma menghasilkan tiga poin. Maung Bandung tiga kali bermain imbang dan empat laga lainnya tentu dimenangkan lawan.

Saat memperoleh hasil buruk, Robert yang selama ini masuk dalam bursa pelatih Persib setiap kehilangan juru taktik lama, pernah berucap kalau pemain di tim ini bukanlah pilihannya. Wajar saja, kan, dia masuk saat tim mau berkompetisi.

Seharusnya, kalimat seperti itu tidak pernah diucapkan seorang pelatih, bagaimanapun kondisinya. Apalagi, dia sudah tahu konsekuensi masuk ke tim yang sudah tersusun dan siap bertarung di kompetisi.

Nyatanya, pelatih yang mengantarkan PSM Makassar finis di posisi ketiga di Liga 1 2017 dan di bawah Persija Jakarta yang juara musim lalu lebih memilih kalimat itu sebagai penangkis kalau ada tudingan dia tak becus mengangkat Persib di posisi yang semestinya. Menilik sejarah dan performa manajemen serta kualitas pemain, Persib memang tak layak berada di posisi 12 saat ini.

Sebagai jawaban kegundahannya, manajemen merestui dia melakukan cuci gudang. Tiga pemain asing menjadi korban: Bojan Malisic, Rene Mihelic, dan Artur Gevorkyan harus angkat kaki. 

Penggantinya, Nick Kuipers, Kevin van Kippersluis, dan Omid Nazari sudah masuk rencana melawan PSS Sleman pada laga terakhir putaran pertama, Jumat (30/8). Ini akan menjadi laga debut mereka dengan syarat administrasi lengkap agar bisa melegalkan bermain di kompetisi tertinggi di Tanah Air ini. Jika tidak, Bojan akan tetap tampil bersama Ezechiel N'Douassel, satu-satunya pemain impor yang dipertahankan .

Bukan cuma di sektor asing, lima pemain sudah dipastikan tak akan berkostum Persib lagi. Saepuloh Maulana memilih pergi karena harapan bermain secara reguler ternyata tak berbuah manis. Untuk pengganti Bojan atau Achmad Jufriyanto di jantung pertahanan jika absen, Robert lebih memilih Indra Mustafa yang usianya 10 tahun di bawah Saepuloh.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN