Mohon tunggu...
Giri Lumakto
Giri Lumakto Mohon Tunggu... Guru - Pegiat Literasi Digital

Digital Ethicist | Pemerhati Pendidikan Literasi Digital, Teknologi, dan Budaya | Curriculum Developer for Tular Nalar from Google.org | K'ers of The Year 2018 | LPDP 2016 | STA Australia Awards 2019 | LinkedIn: girilumakto | Twitter: @lumaktonian | email: lumakto.giri@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Gadget Artikel Utama

Kenapa Notifikasi Medsos Berwarna Merah?

5 September 2018   10:45 Diperbarui: 17 Maret 2022   11:51 2184
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Social Media Notification - ilustrasi: my-thai.org

Bagi kita, membuka atau menelesuri notifikasi sosmed sudah menjadi kegiatan setiap waktu. Baik itu di Facebook, Twitter, grup WhatsApp, sampai email notifikasinya kita buka. Dan jika diamati seksama, notif aplikasi/situs didominasi warna merah. 

Lalu kenapa harus merah notifikasi tadi? Kenapa tidak biru atau hijau?

Penelitian Russel Hill dan Robert Barton di Olimpiade 2004 menunjukkan hasil unik tentang warna merah. Para atlit tinju dan taekwondo yang berseragam merah memiliki kemungkinan menang 5% lebih baik dari yang berseragam biru. 

Andrew Elliot, dari University of Rochester di NY menemukan fakta unik juga pada warna merah. Orang yang mengenakan baju merah merasa lebih PD dan superior. Warna merah pada baju memicu reaksi neurologis seperti peningkatan testosteron dan detak jantung pun meningkat. 

Elliot melanjutkan studi tentang psikologi warna merah dengan fotografi. Daripada yang berbaju biru, model perempuan bergaun merah ternyata lebih banyak dirating baik oleh para lelaki. Begitupun hasil penelitian pada ujian. Peserta yang diberikan dalam map merah menunjukkan hasil ujian rendah.

Pada kultur kita sendiri, merah memang memiliki makna simbolis serupa penelitian diatas.

Warna merah berarti sesuatu yang menarik perhatian atau penting. Contohnya pada peribahasa "Mukanya merah padam" yang berarti sangat marah. Begitupun dengan peribahasa lain "Di luar merah, di dalam pahit" yang berarti terlihat bagus, tapi tidak sebenarnya.

Lampu lalulintas pun memiliki warna merah sebagai tanda berhenti. Hal ini karena warna merah memiliki gelombang warna lebih panjang dari hijau atau orange/kuning. Sehingga warna merah lebih bisa terlihat waktu gelap atau hujan saat pengendara masih jauh.

Bisa disimpulkan secara tentatif, bahwa warna merah bermakna penting, intimidatif, dan harus diprioritaskan. 

Dan inilah yang menjadi desainer interface aplikasi/situs menggunakan warna notifikasi merah. Notif merah berarti harus segera dibuka, penting untuk dilhat dan juga mengintimidasi fikiran kita.

Dan pemaknaan simbolis ini mungkin begitu subliminal, atau dibawah sadar kita. Kita tidak begitu peduli kenapa harus notifikasi merah. Tetapi mental image pada warna merah ternyata menyimbolkan makna yang jauh dari sekadar mengacuhkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun