Mohon tunggu...
Giri Lumakto
Giri Lumakto Mohon Tunggu... Pegiat Literasi Digital

Digital Ethicist, Educator | Pemerhati Pendidikan Literasi Digital, Teknologi, dan Budaya | Awardee LPDP di University of Wollongong, Australia 2016 | Kompasianer of The Year 2018 | Best Specific Interest Nominee 2018 | LinkedIn: girilumakto | Medium & Twitter: @lumaktonian | Email: lumakto.giri@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Memahami Sinyal G, E, 3G, H, 4G, (5G), Mana Paling Cepat?

7 September 2014   05:58 Diperbarui: 18 Juni 2015   01:24 101517 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Memahami Sinyal G, E, 3G, H, 4G, (5G), Mana Paling Cepat?
14197183501587351891

[caption id="attachment_386663" align="aligncenter" width="540" caption="Ilustrasi (apakabardunia.com)"][/caption]

Artikel ini ditulis berdasarkan 'kekesalan' saya pada provider Telkomsel. Pada pojok kanan handphone (HP) saya indikator sinyal jaringan selalu berubah-ubah. Kadang E, kadang pula 3G, atau kadang H. Jadi, jika sedang membuka Kompasiana mobile misalnya, sinyalnya bisa melucu, EH, EH, 3G, EH..? Saya cuma cengar-cengir sendiri sambil tunggu halaman Kompasiana mobile terbuka, dengan lambat. Saya pun semakin penasaran. Sebenarnya mana sih yang kencang dari G, E, 3G, H, atau malah 4G. Saya coba googling, dan ternyata saya temukan. Berikut saya coba rangkumkan untuk Anda.

Eiitss, sebelum beranjak lebih jauh. Mari kita kenali dulu besaran data jaringan. Kadang yang sulit dipahami dan agak menipu konsumen adalah perbedaan antara Mbps dan MBps. Perbedaan sedikit yang kadang sepele, yaitu antara b (bits) dan B (byte). Walau ada awalan M untuk Mega, namun kedua indikator sinyal sangatlah berbeda daya transfer datanya. Sedang ps adalah singkatan per-second untuk kecepatan transfer. Sederhananya seperti ini:


  • 8 bits = 1 byte
  • 1000 bytes = 8 kilobits (kb) = 1 Kilobytes (KB)
  • 1000 Kilobytes (KB) = 8 megabits (Mb) = 1 Megabyte (MB)


Sehingga, jika tertulis 5 Mbps maka besaran transfer data adalah 5000 kbps, atau 0,625 MB. Kecil bukan jika diukur dengan MB. Jika ada provider menandai data transfer dengan huruf B besar maka semakin baik. Jadi patut berhati-hati memilih provider jaringan data internet. Dan, biasanya konsumen dijanjikan seperti kata up-to 3,5 MBps. Hal ini berarti bisa sampai 3,5 MBps saja. Itu pun jika jaringan stabil.

1. Sinyal G atau GPRS

Sinyal G atau GPRS adalah jaringan sistem data paket internet untuk HP. GPRS sendiri merupakan singkatan General Packet Radio Service. Jaringan ini memiliki kecepatan data mencapai 35 - 171 Kilobits per-second (Kbps). Jika Anda menemui sinyal G di HP. Maka jangan harap bisa membuka Kompasiana mobile dengan segera. Atau Anda memang sangat sabar atau memiliki waktu bersantai yang cukup banyak.

2. Sinyal E atau EDGE

Generasi setelah GPRS adalah E atau EDGE (Enhanced Data rate for GSM Evolution). Walau disebut 'Evolution' sinyal E tidak begitu cepat data transfernya. Kecepatan data transfer sinyal EDGE ini antara 120 Kbps sampai dengan 384 Kbps. Pada smartphone iPhone generasi awal sinyal EDGE adalah jaringan tertinggi yang bisa dipindai. Walau agak lambat, namun membuka Kompasiana mobile tidak terlalu menjemukan dari sinyal GPRS.

3. Sinyal 3G

Sinyal 3G mungkin sedang menjadi andalan di Indonesia. Sinyal 3G sebenarnya turunan dari 2G atau GPRS. 3G sendiri adalah 3GPRS atau GPRS versi 3. Yang membedakan adalah protokol transfer data yang menggunakan UMTS (United Mobile Telecommunication  Technology). Kecepatan datanya dimulai dari 384 Kbps sampai 2 Mbps. Untuk membuka Kompasiana mobile di HP, sinyal 3G lumayanlah. Walau memang butuh kestabilan sinyal yang diterima.

4. Sinyal H atau HPSA/HSDPA

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x