Mohon tunggu...
gina nurjanah
gina nurjanah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Film, musik, makanan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Mengukir Kisah Selama Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 3 di SD Negeri Dukuh I

13 Juli 2022   15:30 Diperbarui: 13 Juli 2022   15:32 129 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

 

Kampus Mengajar adalah sebuah program yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa selama 1 (satu) semester untuk membantu para guru dan kepala sekolah jenjang SD dan SMP dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang terdampak pandemi. Melalui program ini, mahasiswa bisa membaktikan ilmu, keterampilan, serta menginspirasi para murid sekolah dasar dan menengah tersebut untuk memperluas cita-cita dan wawasan mereka.

Pada program Kampus Mengajar yang merupakan program MBKM ini saya berkesempatan untuk mengabdi, belajar dan mengembangkan diri di SD Negeri Dukuh I. SD Negeri Dukuh I ini bertempat di kota Subang lebih tepatnya di Dusun Dukuh Tengah Desa Dukuh Kec. Ciasem. Melalui program Kampus Mengajar ini membantu sekolah dalam hal literasi, numerasi, bantuan administrasi, hingga adaptasi teknologi.

Berikut adalah program-program yang saya laksanakan di SD Negeri Dukuh I bersama dengan rekan saya antara lain :

  • Meningkatkan Kemampuan Literasi

Dokpri
Dokpri

Kegiatan membaca ini dilakukan selama 10 menit sebelum kegiatan pembelajaran dimulai dan kemudian siswa bisa menceritakan kembali apa yang siswa baca. Kami juga membantu siswa-siswi yang kurang dalam hal membaca sehingga bisa lancar membaca. Pembiasaan ini kami terapkan setiap hari di SD Negeri Dukuh I. Sehingga dengan diterapkannya pembiasaan ini, diharapkan akan mampu meningkatkan kemampuan literasi pada siswa. 

  • Meningkatkan Kemampuan Numerasi

Dokpri
Dokpri

Penerapan pembiasaan menghafal dan dites perkalian setiap hari.  Program ini kami buat bermaksud untuk memberikan pembiasaan pada siswa terkait numerasi, sehingga siswa memiliki kecakapan numerasi yang tinggi. Kegiatan pembiasaan ini dilakukan setiap hari setelah pembelajaran selesai. Saat akan pulang siswa dites perkalian terlebih dahulu, siapa cepat bisa menghafal dan menjawab perkalian boleh pulang terlebih dahulu

  • Adaptasi Teknologi

Dokpri
Dokpri

Terkait bantuan teknologi, saya dan rekan saya  memfokuskan pada sosialisasi pengenalan penggunaan Ms. Word dan PPT kepada peserta didik. Mulai dari seperti apa bentuk dari Ms. Word dan PPT, cara kerjanya, bagaimana membuat dan menyimpan  suatu file dalam bentuk Ms. Word dan PPT.

  • Bantuan Administrasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan