Mohon tunggu...
Gilang Setiawan
Gilang Setiawan Mohon Tunggu... Aku Elang

Elang Tidak Pernah Takut Terbang

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Pemanfaatan E-Wallet Pada Bisnis Sembako di Toko Kelontong Pada Era New Normal

12 Januari 2021   15:30 Diperbarui: 12 Januari 2021   15:56 170 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pemanfaatan E-Wallet Pada Bisnis Sembako di Toko Kelontong Pada Era New Normal
Sumber: DetikFinance-DetikCom

Fenomena penyebaran wabah Pandemik Covid-19 yang terjadi di Indonesia telah mengakibatkan turunnya sektor ekonomi yang terlihat dari pengurangan kemampuan daya beli masyarakat terhadap barang sembako (Anggita, Karina, Suriyatni, & Alfarizi, 2020). 

Hal ini dimulai ketika diberlakukannya aturan PSBB (pembatasan social berskala besar) dengan tujuan untuk menertibkan masyarakat agar tidak keluar rumah serta membatasi kontak social, sehingga berdampak pada aktivitas masyarakat dan terjadi pelemahan pada sektor industri (Hanoatubun, 2020), dengan demikian tentu akan berdampak pula pada penghasilan setiap orang yang menurun dan berdampak pada kemampuan pembelian suatu barang.

Banyak persoalan yang akan dihadapi saat era new normal yang dihapi oleh pemerintah terutama di bidang kesehatan dan ekonomi (Kariem, 2020). 

Pemerintah telah menerapkan kebijakan new normal sebagai upaya meningkatkan kembali keadaan perekonomian Indonesia di tengah pandemik, namun yang masih menjadi problematika saat ini adalah ketika masyarakat masih banyak yang tidak mematuhi aturan dari protokol kesehatan Covid-19 (Kurniawan, 2020). Hingga saat ini telah terjadi banyak kasus yang melibatkan pedagang terutama di pasar maupun pertokoan.

Masyarakat merasa kebingungan ketika harus membeli kebutuhan pokok seperti sembako karena khawatir akan terjadi penyebaran penularan Covid-19 melalui proses transaksi secara tunai dan kegiatan di pasar atau toko yang biasanya menimbulkan kerumunan. Adapun solusi masalah terebut yakni dengan memanfaatkan penggunaan Electronic wallet sebagai media pembayaran saat proses transaksi di pasar dan toko kelontong

Harapan dari adanya E-wallet ini mampu meminimalisir penggunaan alat pembayaran uang (tunai) yang dinilai beresiko untuk terjadinya penyebaran Covid-19 melalui sentuhan antara penjual dan pembeli. 

Selain itu juga dapat mengefektikan kegiatan transaksi penjual dan pembeli tanpa melakukan kontak fisik dan mengurangi terjadinya antrian saat melakukan pembayaran seperti di toko kelontong.

Sumber: Indosawit.com
Sumber: Indosawit.com

Pada era new normal penyebaran covid-19 melaui transaksi uang mudah terjadi, karena adanya kontak fisik secara langsung antar penjual dan pembeli, terlebih lagi terdapat kerumunan masyarakat saat membeli kebutuhan (Briantika, 2020). 

Pandemik Covid-19 akan terus menyebar apabila hal tersebut dibiarkan secara terus menerus sedangkan masyarakat sangat perlu memenuhi kebutuhan hidupnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x