Mohon tunggu...
M. Gilang Riyadi
M. Gilang Riyadi Mohon Tunggu... Author

Alumni Politeknik Negeri Bandung | 1995 | Movie addict | contact: gilangriy@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

"Di Bawah Umur", Potret Kenakalan Remaja yang (Bisa) Terjadi pada Kehidupan

14 November 2020   15:51 Diperbarui: 16 November 2020   03:17 261 18 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Di Bawah Umur", Potret Kenakalan Remaja yang (Bisa) Terjadi pada Kehidupan
image by wartakota.tribunnews.com

Seperti biasa, Disney+ Hotstar Indonesia akan memberikan film-film baru setiap hari Jum'at. Baik itu film lokal, luar negeri, film jadul, baru, sampai film yang memang secara resmi ekslusif tayang di sana.

Di tanggal 13 November kemarin, ada satu film Indonesia yang baru rilis dan memang ditayangkan hanya di Disney+ berjudul "Di Bawah Umur". Film ini menjadi daya tarik tersendiri untuk saya karena ketika menonton trailernya, film ini mengangkat sisi gelap remaja SMA.

So, here we go untuk ulasan film kali ini.

Pemeran utama di film ini adalah Aryo, anak SMA badung yang diperankan oleh Angga Yunanda. Seperti yang kita tahu, namanya semakin melejit ketika membintangi film "Dua Garis Biru" tahun lalu. Jika dilihat sekilas, dua film ini memiliki sedikit kesamaan karena terdapat bagian di mana seseorang hamil ketika masih duduk di bangku sekolah.

Prolog film mengisahkan seorang perempuan yang mengaku telah hamil kepada orang tuanya. Orang tuanya marah besar dan menyuruh ia mengaku siapa bapak dari anak yang sedang dikandungnya tersebut. 

Cerita berlanjut, memfokuskan pada kehidupan gemerlap malam yang dinikmati para remaja. Diskotik, perempuan dengan pakaian minim yang menari panas, minuman keras, sampai gaya pacaran yang sedikit keluar batas.

Sejujurnya di awal film sudah bisa tergambar bahwa film ini sebenarnya untuk 17 tahun ke atas. Bahkan bimbingan orang tua juga sepertinya dibutuhkan.

Aryo dan kedua temannya, Bayu dan Indra, adalah satu geng yang sering bolos pelajaran. Tak terhitung juga rasanya mereka kena tegur oleh guru. Satu hari ada anak baru bernama Lana (Yoriko Angeline) yang merupakan adik kelas Aryo. Sejak awal melihat perempuan itu di sekolah, Aryo sudah jatuh hati.

Sayangnya, Lana adalah sepupu Kevin (Naufal Samudra) yang merupakan musuh bebuyutan Aryo di sekolah. Aryo dan Kevin pun sering bertengkar di sekolah yang tentunya melakukan kekerasan fisik. Di satu sisi Kevin menyimpan rahasia yang disembunyikan oleh Aryo, juga mengetahui satu cerita kelam tentang kakak kandung Lana.

Aryo dengan ciri khas fakboi-nya selalu mencari celah untuk mendekati Lana dengan gombalan mautnya. Lana yang cuek pada awalnya tidak menanggapi apa yang dilakukan Aryo. Apalagi ia tahu dari teman sekelasnya, Gita (Amel Carla), bahwa Aryo merupakan pacar Marsya (Shenina Cinamon) yang merupakan kakak kelas centil yang punya kuasa di sekolah untuk menindas juniornya.

Nah itu tadi adalah sedikit kilasan dari cerita film Di Bawah Umur. Sekarang, mari kita bahas lebih lanjut untuk mengulasnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x