proses pelaksanaan pembelajaran di SMP Tahfidz Mahkota Al-Hidayah pada sasarnya mengikuti sekolah sekolah lain akan tetapi dengan adanya PPKM pelaksanaan pembelajaran mundur sampai di tgl 2 agustus, pelaksanaan pembelajaran selama tgl 15 agustus sam[pai akhir bulan agustus pelaksanaan dilakukan secara daring.Â
di awal masuk pelaksanaan MPLS juga di laksanakan secara daring juga akan tetapi keantusiasan siswa tidak luntur dan tidak memudar, anak anak sangat antusias dalam mengikuti pelaksanaann MPLS tersebut hingga akhir acara, pelaksanaan MPLS di SMP Tahfidz Mahkota Al-Hidayah 3 hari dri mulai dri tgl 15-17 agustus. setelah melakukan Kegiatan MPLS besoknya langsung di laksanaakn pembelajaran secara Luring hampir 2 Minggu pelaksanaan onlie juga anak anak sangat antusias melaksanakannya karena tugas tugas yang di berikan oleh guru guru sebagai tugas dan persyaratan masuk sekolah di tanggal 2 agustus.
pelaksanaan pembelajaran tgl 2 agustus di SMP Tahfidz Mahkota AL-Hidayah mulai di lakukan secara luring dengan mematuhi Protokol kesehatan yang ketat, pembelajaran yang di mulai dri pelaksanaan upacara benderan pada pukul 07.00 WIB sampai mulai pembelajaran dari pukul 08.00 WIB dan di akhiri kegiatan 14.00 WIB di SMP Tahfidz Mahkota AL-Hidayah berfokus dalam pelaksanaan menghafal al-quran karena target dri sekolah ini setelah lulus siswa di harapkan hafal 10 juz oleh karena itu di SMP Tahfidz Mahkota AL-Hidayah lebih menekankan ke Program Tahfidz bahkan kegiatan siswa teratur dan tekordinasi dari anak-amak bbangun sampai anak-anak tidur kembali karena anak anak juga tidur di sekolah karena sekolah tersebut Boarding School agar lbih fokus dalam menghafal al-quran, sampai saat ii anak anak pun masih fokus dalam menghafal al-quran.
untuk pendidikan formal sekolah tersebut juga menginduk ke dinas pendiodikan dengan tujuan tidak menghilangkan pembelajaran formal yang akan di dapat oleh siswanya. maka dengan ini anak ketika lulus di sekolah memiliki 2 ijazah yaitu ijaza SMP dan Tahfidz