Mohon tunggu...
Gilang MahardhikaIbrahim
Gilang MahardhikaIbrahim Mohon Tunggu... Teknisi - Engineer On Site

Traveling kalau punya duit, main games di waktu luang ketika suntuk dengan pekerjaan dan pembelajaran, terakhir luangkan waktu untuk teman dan keluarga untuk mencairkan suasana dan menikmati moment yang ada

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Expert System Penunjang Keputusan

23 September 2022   14:44 Diperbarui: 23 September 2022   14:57 54 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Sebelum menuju pada perbedaan antara sistem pakar (Master framework) dengan Sistem Pendukung Keputusan "DSS" (Choice Emotionally supportive network), kita cari tahu dahulu apa pengertian dari sistem pakar dan sistem pendukung keputusan (DSS). Berikut pembahasannya:

Sistem pakar atau lebih dikenal dengan Master framework yaitu : Merupakan aplikasi komputer yang dibuat seseorang dengan tujuan untuk membantu pengambilan keputusan atau pemecahan masalah dalam bidang yang lebih spesifik/detail.

Sistem Pendukung Keputusan atau lebih dikenal dengan DSS (Choice Emotionally supportive network) yaitu : Suatu Sistem berbasis komputer yang dirancang dengan tujuan untuk mempertinggi efektifitas pengambilan keputusan dari suatu masalah semi terstruktur. Pada Sistem Pendukung Keputusan ini sudah dikaitkan dengan expositions pengambilan keputusan yang spesifik.

Perbedaan Sistem Pakar (Master framework) dan Sistem Pendukung Keputusan (DSS):

DSS terdiri dari routine merefleksikan keyakinan manajer dalam caranya memecahkan masalah. Keputusan yang dihasilkan oleh DSS merefleksikan gaya kemampuan manajer, sebaliknya master sistem memberikan peluang untuk mendapatkan kemampuan dalam membuat keputusan melebihi kemampuan yang dimiliki manajer.

Master Framework mempunyai kemampuan untuk menjelaskan jalur penalaran yang diikuti pencapaian pemecahan tertentu, penjelasan mengenai bagaimana pemecahan dicapai akan lebih berguna dari pada pemecahan itu sendiri.

DSS menggunakan data set, ES menggunakan information base

DSS berbasis pada permodelan, ES berbasis pada konsultasi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan