Mohon tunggu...
Gilang Previanto
Gilang Previanto Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Selamat Datang di Profil Saya.

Memberitakan sebuah informasi kepada kalian mengenai kejadian serta isu viral yang saat ini sedang terjadi dalam ruang lingkup yang Saya sukai.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

5 Suporter Fanatik dan Berpengaruh bagi Klub di Liga 1

1 Mei 2022   19:00 Diperbarui: 1 Mei 2022   19:05 782 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Opening 5 Suporter fanatik dan berpengaruh bagi klub di Liga 1 Indonesia. Sumber Foto: bolanas.com, merahputih, bolasport.com, dll.

Negara Indonesia merupakan salah satu negara dengan penduduk terbanyak di benua asia. Negara dengan jumlah penduduk banyak, pastinya mempunyai daya tarik masyarakat dari berbagai macam hal.

Salah satunya ketertarikan di cabang olahraga, terkhusus olaharaga “sepakbola” yang berada di Indonesia.

Olahraga sepakbola di Indonesia menjadikan salah satu cabang olahraga yang paling disukai oleh masyarakat. Berdasarkan hasil survei dari Skala Survei Indonesia (SSI) yang dibuat pada tanggal 20 Januari 2022 menunjukan sekitar 47,6% yang tertarik akan olahraga Sepakbola jika dibandingkan dengan olahraga lainnya. Seperti Bulu Tangkis serta Bola Voli yang hanya terpaut 18,8% dan 12,4% saja.

Antusiasme sepakbola di Indonesia terbagi menjadi 2 pendukung/suporter, yaitu mendukung klub suatu daerah (Support Local Team) serta mendukung Tim Nasional.

Nah untuk kesempatan kali ini, Saya akan memberitahu kalian mengenai 5 suporter Indonesia yang sangat fanatik dan berpengaruh untuk klubnya yang berada di kasta tertinggi (Liga 1 Indonesia) saat ini. Suporter apa sajakah itu?

5. Aremania - Arema FC

Suporter klub Arema FC, Aremania. Sumber foto: bola.com
Suporter klub Arema FC, Aremania. Sumber foto: bola.com

Suporter asal Malang, Aremania merupakan suporter setia mendukung klub Arema FC. Aremania berdiri pada tahun 1994.

Aremania merupakan salah satu suporter paling loyal. Di setiap pertandingan ketika Arema FC bertanding, di Malang maupun di luar Malang, Aremania selalu mendukung tim kesayangannya.

Penghargaan yang diperoleh oleh suporter Aremania pernah mendapatkan title “The Best Suporter” pada tahun 2000 (Ligina VI) dan pada tahun 2006 (Copa Indonesia II).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan