Mohon tunggu...
Gilang Previanto
Gilang Previanto Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Selamat Datang di Profil Saya.

Memberitakan sebuah informasi kepada kalian mengenai kejadian serta isu viral yang saat ini sedang terjadi dalam ruang lingkup yang Saya sukai.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Persija Jakarta Mengajukan Stadion "JIS" sebagai Homebase

28 April 2022   08:00 Diperbarui: 28 April 2022   08:07 257 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Klub Persija Jakarta akan memverifikasi Stadion JIS sebagai acuan homebase mereka nanti. Sumber IG: @persija, @jktintnstadium

Klub Persija Jakarta, merupakan salah satu klub besar di Liga Indonesia serta merupakan klub pendiri organisasi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Persija mulai pertama kali berdiri pada tanggal 28 November 1928 dengan nama awalnya Voetbalbond Indonesische Jacatra (VIJ).

Julukan Persija adalah “Macan Kemayoran” yang merupakan symbol klub ataupun bisa dikatakan sebagai maskot dari tim yang berasal dari tanah Betawi tersebut.

Persija Jakarta saat ini bermain di kasta tertinggi Indonesia dengan pencapaian prestasi sejauh ini memperoleh total 11 kali gelar juara di Era Perserikatan dan juga di Liga Indonesia.

Sejauh ini, Persija kerap kali berpindah – pindah homebase/stadion. Awalnya bermain di Stadion VIJ/lapangan di daerah Petojo. Lalu, pindah ke Stadion IKADA (Ikatan Atletik Djakarta) yang merupakan lapangan Timnas Indonesia juga.

Selanjutnya, Persija pun pindah lagi ke Stadion Menteng pada tahun 1961 dari pemberian Presiden Pertama RI, Soekarno. Tak hanya sampai disitu, Stadion selanjutnya yang pernah dipakai Persija yaitu Stadion Sanggrahan Pelita Jaya atau dikenal dengan Stadion Lebak Bulus.

Namun sayang, Stadion ini harus sirna dikarenakan diubah menjadi “Stasiun MRT Lebak Bulus” oleh Mantan Gubernur Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau kerap disapa Ahok.

Selanjutnya yaitu Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK) menjadi pijakan stadion megah pada masanya, Persija Jakarta mempunyai kenangan yang sangat berharga pada Stadion GBK ini. Pasalnya, Stadion ini menjadi saksi juara pada tahun 2001 dan 2018.

Saat laga penentuan juara tersebut, Stadion GBK menjadikan hawa tidak tenang bagi lawan dikarenakan suporter Persija, Jakmania turut andil untuk menyaksikan serta mendukung klub kebanggaannya dengan dihadiri puluhan ribu fans.

Namun, Stadion GBK bukan stadion tetap yang dimiliki Persija. Persija Jakarta hanya menggunakan Stadion GBK hanya beberapa kali saja. Klub asal Jakarta tersebut akhirnya berganti tempat stadion lagi di sekitar Jabodetabek. Seperti di Stadion Wibawa Mukti, Stadion Madya Senayan, Stadion Patriot Chandrabhaga, Stadion Pakansari, hingga ke Stadion PTIK (Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian).

Hingga akhirnya, Stadion baru muncul lagi di sekitar daerah Ibukota Jakarta. Stadion tersebut adalah Jakarta International Stadium (JIS) yang berada di Taman BMW, tepat di daerah Tanjung Priok.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan