Mohon tunggu...
gilang11chaya
gilang11chaya Mohon Tunggu... Mahasiswa - hidup

menjadi mahasiswa yang berguna

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Sistem Demokrasi yang Ada di Indonesia

2 Desember 2021   22:36 Diperbarui: 2 Desember 2021   22:55 57 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Demokrasi Indonesia adalah suatu bentuk proses sejarah dan politik perkembangan demokrasi yang secara umum, hingga khususnya yang ada di Indonesia. 

Mulai dari ciri pengertian dan konsep demokrasi yang dicetuskan oleh para tokoh terdahulu dan founding fathers kemerdekaan Indonesia, tertuama tokoh seperti soekarno, mohammad hatta, dan soetan sjahrir. Jadi pergertian dari demokrasi Indonesia yaitu sebuah proses sejarah dan juga politik yang berkembang dalam demokrasi yang secara umum dan pengertian demokrasi dicetuskan oleh para tokoh Indonesia diantaranya soekarno, mohammad hatta, dan soetan sjahrir. 

Demokrasi juga memiliki berbagai macam bentuk demokrasi yang diantaranya yaitu demokrasi berdasarkan bentuknya, demokrasi berdasarkan prosesnya dan demokrasi yang berdasarkan dari ideologinya. 

Macam-macam demokrasi diatas ini bisa dibagi lagi seperti demokrasi berdasarkan bentuknya dibagi mejadi dua yaitu demokrasi procedural dan proses substansial. 

Demokrasi procedural adalah suatu bentuk demokrasi yang dimana pemilihan pimpinan ini dilakukan secara terang-terangan dan tidak secara bersenbunyi dan demokrasi substansial adalah bentuk demokrasi yang dimana nilai-nilai demokrasi ini diwujudkan dan perlindungan yang ada pada atau terhadap minoritas. 

Seperti halnya kebebasan dalam menyampaikan pendapat tanpa adanya kerugian secara umum. Demokrasi yang berdasarkan prosesnya dibagi menjadi dua yaitu demokrasi secara langsung dan tidak langsung. 

Demokrasi secara langsung merupakan suatu proses demokrasi yang dimana semua pihak ikut dalam merumuskan dan memutuskan kebijakan undang-undang dan juga demokrasi ini dilakukan secara langsung tanpa ada perwakilan, perantara atau majelis. 

Demokrasi tidak langsung merupakan proses demokrasi yang dimana dilakukan oleh para lembaga yang ada di Indonesia tidak dilakukan secara langsung melainkan diputuskan oleh para lembaga tersebut atau lembaga perwakilan rakyat. Misalnya dewan perwakilan rakyat. Demokrasi berdasarkan ideologinya dibagi menjadi tiga yaitu demokrasi liberal, demokrasi sosial, dan demokrasi Pancasila. 

Demokrasi liberal merupakan demokrasi yang berideologi dan berlandaskan kebebasan kepada para individu, didalam pelaksanaanya negara memiliki kekuasaan yang terbatas dan juga harus memberikan perlindungan kepada masyarakat dan hak-hak individual yang harus dimiliki oleh masyarakat. 

Demokrasi sosial yaitu ideologi pada demokrasi yang berlandaskan pada komunalisme rakyat yang ada pada suatu negara dan dalam pelaksanaanya negara merupakan hak pemilik kekuasaan yang diwakili oleh rakyat, dalam demokrasi ini mengutamakan kepentingan umum daripada kepentingan individual yang bertujuan untuk kesenjangan sosial yang ada pada masyarakat. 

Demokrasi Pancasila adalah ideologi demokrasi yang berdasarkan/berlandaskan nilai-nilai Pancasila dan negara Indonesia menggunakan demokrasi Pancasila seperti yang ada pada sila keempat Pancasila "kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan". Setelah mengetahui tentang macam-macam demokrasi maka kita akan menuju keciri-ciri demokrasi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan