Mohon tunggu...
Gigih Prayitno
Gigih Prayitno Mohon Tunggu... Penulis

Menjadi manusia bebas

Selanjutnya

Tutup

Hukum Artikel Utama

Banyak Turis Asing di Indonesia Mulai Meresahkan, Harus Ditindak Tegas?

12 Agustus 2019   22:14 Diperbarui: 13 Agustus 2019   09:38 0 27 10 Mohon Tunggu...
Banyak Turis Asing di Indonesia Mulai Meresahkan, Harus Ditindak Tegas?
Begpacker | Sumber: IST/The Independent

Akhir-akhir ini kita sebagai orang Indonesia menjadi jengah dengan kelakuan turis asing yang bertindak sewenang-wenang baik kepada masyarakat hingga petugas pemerintahan di Bali.

Beberapa kali kita membaca dan melihat video yang diunggah di banyak sosial media terkait tindakan-tindakan para turis yang tidak menghormati budaya Bali bahkan bertindak semaunya sendiri.

Berita yang terbaru yang tersebar di sosial media ada dua orang bule yang melecehkan tempat suci umat Hindu di kawasan objek wisata Monkey Forest, Desa Padangtegal, Ubud, Bali.

Dalam video yang beredar terlihat turis pria yang membasuh pantat turis wanita dengan air yang mengucur pada sebuah pelinggih yang disucikan oleh umat Hindu.

Tidak merasa bersalah, mereka malah tertawa terbahak-bahak akan apa yang sudah mereka lakukan.

Akhirnya kedua turis tersebut membuat video permintaan maaf setelah ada upaya mediasi yang dilakukan oleh yang bersangkutan, pihak Kepolisian, Imigrasi, Desa Adat dan Honorary Consul Republik Czech.

Tidak lama sebelum kejadian itu, ada seorang bule di Denpasar yang berusaha mencuri sepeda motor milik warga lokal, kemudian berlari kabur dan berusaha menabrakkan diri ke kendaraan yang melintas di jalan.

Tangkapan Gambar Video Bule Ngamuk di Bali | Tribun Bali
Tangkapan Gambar Video Bule Ngamuk di Bali | Tribun Bali

Aksinya itu membuat seorang pengendara motor Scoopy jatuh tersungkur dan motornya ikut terguling dan terseret beberapa meter dari lokasi kejadian.

Bule pria itu juga akhirnya tertangkap dan dibawa kepada pihak yang berwajib.

Masih ada beberapa kejadian lagi yang membuat kita orang Indonesia resah sekaligus jengah dengan tindakan semena-mena dari para turis ini mulai dari turis yang menampar kepala petugas Imigrasi, merusak patung Catur Muka, melarang warga berenang di depan villa, hingga turis yang mengambil banyak barang hotel yang seharusnya dilarang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3