Mohon tunggu...
Samuel Suwu
Samuel Suwu Mohon Tunggu... Motorsports Enthusiast

Focusing just about Motorsports Email: Samuelsuwu02@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Balap

Pensiunnya Nomor #69 di Tanah Kelahiran Kentucky Kid

12 April 2019   19:10 Diperbarui: 14 April 2019   01:30 0 1 1 Mohon Tunggu...
Pensiunnya Nomor #69 di Tanah Kelahiran Kentucky Kid
Nomor 69 kepunyaan Nicky Hayden

Perhelatan ajang MotoGP di sirkuit Austin Texas minggu ini akan lebih terasa bermakna ketika akan diadakan upacara mempensiunkan nomor 69 yang dimiliki oleh Juara dunia MotoGP tahun 2006 yaitu Nicky Hayden yang secara tragis meninggal dunia setelah ditabrak oleh kendaraan bermobil saat dia sedang bersepeda di negara Italia. Ini juga merupakan usulan yang diberikan oleh CEO Dorna Sports (Pemilik dari MotoGP) Carmelo Ezpeleta pada bulan Januari lalu.

Dipensiunkannya nomor 69 akan melengkapi serangkaian ungkapan penghormatan yang dilakukan Dorna Sports untuk apa yang telah dilakukan dan diberikan Nicky Hayden untuk ajang MotoGP. Setelah sebelumnya pada tahun 2015 Nicky Hayden telah ditetapkan sebagai Legenda MotoGP ke-22, dan tribute yang dilakukan MotoGP di GP Italia pada 2017 lalu.

Nicky Hayden yang mempunyai julukan The Kentucky Kid ini sendiri adalah rider keenam sepanjang sejarah perhelatan MotoGP yang nomornya dipensiunkan, lima nama lainnya adalah Kevin Schwantz #34, Daijiro Kato #74, Shoya Tomizawa #48, Loris Capirossi #65, dan Marco Simoncelli #58.

Mengenal Lebih Jauh Siapa itu Nicky Hayden #69

Nicky Hayden #69
Nicky Hayden #69

Nicholas Patrick Hayden atau yang lebih dikenal dengan Nicky Hayden adalah legenda MotoGP berkebangsaan Amerika. Lahir didalam keluarga pembalap 37 tahun lalu, Hayden memulai karir balapnya dari ajang dirt track. Diumurnya yang ke-18 tahun Nicky telah berhasil memenangkan AMA Supersports Championship (AMA adalah ajang balap motor tertinggi di Amerika Serikat), lalu hingga saat ini Hayden berhasil tercatat sebagai juara termuda AMA Superbike Championship diumurnya yang masih 21 tahun.

Lalu setelah menjuarai gelar tertinggi balap motor di Amerika, Hayden memulai karir baru di MotoGP dengan bergabung bersama tim Repsol Honda pada tahun 2003 dan berhasil memenangkan gelar Rookie Of The Year dengan berhasil menduduki peringkat kelima klasemen pembalap. Hayden pada tahun 2004 memiliki tahun yang sulit, namun dia kembali bangkit pada tahun 2005 dengan menyelesaikan musim di peringkat ketiga di bawah Marco Melandri dan juara tahun itu Valentino Rossi serta berhasil menorehkan kemenangan pertamanya di MotoGP pada perhelatan GP Amerika yang diadakan di sirkuit Laguna Seca.

2006 menjadi tahun terbaik yang dimiliki Nicky Hayden ketika dia berhasil menjadi juara dunia MotoGP serta berhasil mematahkan dominasi yang ditorehkan oleh Valentino Rossi sejak tahun 2001. Hayden juga menjadi juara dunia yang berasal dari negara Amerika terakhir sampai saat ini. Torehan yang dilakukan Hayden juga bukan dengan gampang ia raih, Nicky harus benar benar berjuang hingga seri terakhir di sirkuit Valencia untuk memastikan gelar juaranya.

Nicky Hayden saat melakukan selebrasi sesat memenangkan gelar juara dunia MotoGP 2006
Nicky Hayden saat melakukan selebrasi sesat memenangkan gelar juara dunia MotoGP 2006

Namun setelah itu performa Nicky Hayden terlihat seperti menurun dari 2007 hingga tahun terakhirnya di ajang MotoGP pada tahun 2015, dengan total hanya 8 podium yang ia bisa raih bersama tim Honda dan saat bersama Ducati. Dia menganggap masanya telah habis di MotoGP, Hayden pun pindah haluan ke ajang WSBK (World Superbike Championship) bersama motor yang membesarkan namanya yaitu Honda CBR. empat podium total dan satu kemenangan yang Hayden bisa raih pada musim perdananya di gelaran WSBK.

Namun sayang pada tahun 2017 di sela-sela seri Italia dan Inggris, Hayden ketika sedang melakukan latihan menggunakan sepedanya harus tertabrak oleh mobil pada siang hari waktu setempat. Dan akhirnya setelah dirawat 5 hari di rumah sakit, Nicky Hayden dinyatakan meninggal dunia karena cedera yang ada dikepalanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN