Mohon tunggu...
Samuel Suwu
Samuel Suwu Mohon Tunggu... Motorsports Enthusiast

Focusing just about Motorsports Email: Samuelsuwu02@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

F1 2019: Efek dari Perubahan Regulasi Aerodinamika Sesuai Ekspetasi

8 April 2019   17:40 Diperbarui: 8 April 2019   18:05 0 0 0 Mohon Tunggu...
F1 2019: Efek dari Perubahan Regulasi Aerodinamika Sesuai Ekspetasi
Sumber: cnbc.com

Jika kita menilik balapan F1 GP Australia kemarin tersaji hal yang menarik, bukan hanya karena kemenangan Bottas atau menurunnya performa tim Ferrari, tetapi juga on track action yang terjadi pada saat berjalannya balapan. 

Yang menjadi perhatian penting disini adalah, jika dibandingkan tahun lalu yang hanya ada 3 kali percobaan berhasil menyalip pembalap lain, maka pada tahun ini ada 14 kali percobaan yg berhasil sepanjang jalannya balapan. Itu dikarenakan perubahan yang terjadi pada regulasi aerodinamika tahun ini.

Ross Brawn Puas Dengan Performa Mobil F1 Tahun Ini

Ross Brawn saat pembukaan live event F1 GP Australia | formula1.com
Ross Brawn saat pembukaan live event F1 GP Australia | formula1.com

Efek positif ini juga diamini oleh Direktur Olahraga Formula One (F1) Yaitu, Ross Brawn, yang mengatakan puas dengan apa yang tersaji pada GP Australia 2019 yang lalu. Brawn mengatakan bahwa kesan yang diberikan dalam balapan pertama tentang regulasi aerodinamika ini sudah bagus, karena aksi yang terjadi didalam lintasan pun sudah cukup banyak dan membuat jalannya balapan menarik, dan pembalap juga sudah bisa lebih banyak melakukan aksi salip menyalip dilintasan dikarenakan mobil yang mereka kemudikan sudah bisa mengikuti mobil lain didepan dengan jarak lebih dekat.

Ross Brawn juga menambahkan, "Namun lintasan Sirkuit Albert Park bukan tempat yang pas untuk melakukan tes secara akurat. Jadi saya lebih memilih untuk menunggu sampai tiga balapan berikutnya sebelum mengambil kesimpulan. Namun sekali lagi, kesan awalnya cukup menggembirakan,". Seperti diberitakan Motorsport Rabu(20/03/2019).

Tanggapan Para Pembalap

Sumber: intersport.id
Sumber: intersport.id

Beberapa pembalap pun ikut menanggapi efek dari perubahan regulasi aerodinamika pada balapan kemarin. Pembalap dari tim Rich Energy Haas, Romai Grosjean mengatakan tahun ini lebih mudah untuk mengikuti pembalap lain di lintasan.

Sedangkan dua pembalap yang masuk dalam podium dua dan tiga pada balapan kemarin mempunyai dua pandangan berbeda. Lewis Hamilton mempunyai pandangan bahwa regulasi baru tidak memberikan efek apa apa dalam jalannya balapan dia, berbeda dengan Max Verstappen yang mengatakan jika masih terdapat kesusahan ketika mengikuti pembalap lain di lintasan tetapi kabar baiknya adalah efek dari DRS (Drag Reduction System) lebih kuat sekarang.

VIDEO PILIHAN