Mohon tunggu...
Giga Diva
Giga Diva Mohon Tunggu... Freelancer - penulis awam

Forum media ini untuk sharing pengembangan menulis. Menulis artikel itu sangat menyenangkan. Tuangkan ide yang ada dipikiran kamu, dan jadikan sebuah karya tulisan. Ayo menulis dengan hati yang senang dan rasa bahagia.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Komunikasi Visual terhadap Logo Nastari Coffee

27 Juli 2021   00:31 Diperbarui: 27 Juli 2021   00:35 210
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Komunikasi visual adalah proses komunikasi yang memadukan antara karya seni dan teknologi untuk menyampaikan suatu ide. Komunikasi visual juga bekerja dengan beragam alat komunikasinya untuk menyapaikan pesan apa yang ingin disampaikan ke audience yang dituju, dengan komponen utamanya adalah gambar dan tulisan, yang bisa diterapkan dengan istilah logo.

Logo merupakan tanda atau gambar yang mengandung makna untuk menyapaikan tujuan positif suatu produk atau jasa yang terwakilkan. Dengan adanya logo, orang dapat lebih mudah dan cepat mengerti makna dari visi dan misi dari perusahaan tersebut. Bentuk logo ini bisa sebagai identitas perusahaan untuk menandai keaslian suatu perusahaan. Contohnya peneliti akan mengkaji mengenai logo Nastari Coffe.

Nastari Coffee adalah salah satu Coffe Shop terkenal di Purwokerto, yang terletak di Jl. Belot, Dusun II, Banjarsari Kulon, Kec.Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa tengah. Nastari Coffee ini termasuk Coffe Shop yang unik dengan konsepnya yang tradisional modern. Ada indoor dan outdoornya, kita bisa melihat aura tradisionalnya dengan melihat bangunan yang masih menggunakan kayu dan dibagian indoornya dibikin konsep joglo. Sedangkan modernnya bisa diliat dari outdoor, 

ia menyajikan tempat yang bisa melihat kesujukan air terjun dari curug yang dinamakan Curug Belot, dan menariknya kalau musim hujan tiba, kabut tebal bisa naik menyelimuti tempat ini,  berasa sensasi di pegunungan dengan suara gemericik air, dan sunset yang bakalan keliatan banget jika berada di area outdoor ini. Perpaduan konsep modern dan tradisional yang dibuat ini menarik sekali untuk di kunjungi. Nastari Coffee menyajikan kopi signature drink yaitu kopi nastari, kopi yang diracik dengan kopi spesial, gula aren, dan susu. Perpaduan manis dan gurih yang pas. Jadi tidak hanya menyajikan kopi, tetapi ada viewnya yang bisa terbayarkan untuk merefreshing diri.

Oleh karena itu, peneliti tertarik sekali untuk mengkaji logo dari Nastari Coffee. Dalam sebuah logo pastinya memiliki arti atau makna tersendiri dari sebuah perusahaan, pada logo Nastari Coffee yang didesain dengan perpaduan warna, gambar, dan font yang membuat orang merasa mengenal identitas tersebut karena mempunyai ciri khas tersendiri.

Dari konsep tempat yang sudah peneliti jabarkan di atas, bisa tersampaikan oleh konsumen melalui logo yang sudah dibuat oleh perusahaan tersebut. Nastari sendiri mempunyai arti yaitu air yang terus menerus mengalir, ini berarti ia ingin kesuksesan Nastari Coffee terus mengalir seperti air, dan air disini juga bisa diambil karena viewnya yang memandang ke Curug Belot, sangat relate sekali nama yang diambil dengan konsepnya. Nastari Coffe membuat logo dengan perpaduan warna putih dan hijau, yang masing-masing memiliki filosofi. 

Warna putih, warna yang melekat dengan hal yang positif dan bisa dikaitkan dengan kebersihan. Warna putih bisa mewakili awal dari sebuah kesuksesan. Lalu ada warna hijau yang mengandung arti hidup atau alam, dan bisa berkaitan juga dengan kesegaran. Perpaduan warna dari logo Nastari Coffee berhubungan sekali dengan konsep tempat yang ia buat. 

Jadi warna hijau dan putih ini sangat cocok. Kemudian beralih ke gambar pada logo, ada mobil bongo dengan tulisan Nastari yang di atasnya ada biji kopi. Ini menjadi menarik sekali, karena orang pasti tertuju melihat mobil bongo, kenapa ya memakai mobil bongo? Peneliti melihat bahwa nastari mempunyai ikon tersendiri yang mana ia juga mempunyai mobil bongo, bukan hanya dijadikan sebuah pajangan semata. 

Tetapi pernah dipakai untuk berjualan juga kejalan, atau istilahnya "Nastari On The Road" menarik sekali bukan? Jadi mobil bongo bukan hanya sebuah gambaran biasa, tetapi memiliki filosofi tersendiri. Sedangkan biji kopi yang di atas mobil bongo ini, orang pasti bisa langsung paham kalo Nastari berarti menjual kopi serta mendorong minat orang untuk membeli kopi tersebut. Nastari Coffee berhasil membuat logo dengan konsep perpaduan warna,gambar, dan font yang bikin orang bisa mengenal Nastari Coffee dan warnanya sudah di patenkan khasnya warna hijau dan putih, orang juga tertarik berkunjung ke sana, menyicipi kopi nastari dan merasa bahagia karena ngopi bisa sambil menikmati indahnya alam, chill parah.

Kita bisa mengetahui bahwa adanya komunikasi visual yang dipakai oleh Nastari Coffee pada logonya, dapat tersampaikan dengan baik dan tertuju oleh target pasarnya yaitu konsumen. Logonya juga dapat membuat rasa ketertarikan tersendiri bagi konsumennya, yang membuat minat untuk membeli produk yang dijual oleh Nastari Coffee dan konsep tempatnya yang menarik. Peran komunikasi visual dalam konsep logo ini ternyata penting bagi Nastari Coffee karena bisa membuat ia dan produk signature drink nya dapat bertahan di benak konsumen dan selalu diingat oleh konsumen karena komunikasi visual ini.

Sumber :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun