Mohon tunggu...
Giffary Putri Sabila
Giffary Putri Sabila Mohon Tunggu... Mahasiswa

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Cash Waqh Linked Sukuk :Inovasi Keuangan Syariah dalam Upaya Pemulihan Perekonomian Nasional Melalui BI

23 November 2020   05:38 Diperbarui: 23 November 2020   11:39 64 1 0 Mohon Tunggu...

Negara Indonesia dikenal sebagai negara yang mayoritas warganya adalah muslim. Para umat muslim sudah sejak lama selama masa peradaban mulai menyisakan harta bendanya bagi para generasi selanjutnya. Hal ini sering dikenal sebagai sadaqah jariyah atau kalau sekarang biasa disebut sebagai wakaf. 

Para ulama memiliki pendapat yang berbeda terkait dengan pengertian dari wakaf sendiri. Hal ini yang mendasari lahirnya sebuah undang-undang No 41 tahun 2004 dengan berpedoman pada para ulama  mengenai definisi dari wakaf sendiri. Wakaf dapat diartikan sebagai tindakan hukum oleh pihak tertentu yang memberikan sisa hasil hartanya untuk dapat dikelola demi kepentingan dan kesejahteraan masyarakat. 

Di sisi lain wakaf dapat dibedakan menjadi dua yaitu waaf  khairi (hanya untuk amal) dan waaf zurri (untuk keluarga). Ada ketentuan untuk penyerahan wakaf yaitu harta bergerak dan harta tidak bergerak. Harta bergerak bisa berupa uang dan saham sedangkan harga tidak bergerak seperti para ahli harus berdasarkan prinsip wakaf. 

Berdasarkan hukum fiqih ada beberapa komponen yang menjadi pondasi pada wakaf yaitu waqif, kontrak wakaf,penerima manfaat, properti,mutawalli. Di Indonesia sesuai dengan undang-undang no 41 tahun 2004 didirikan sebuah badan wakaf Indonesia yang memiliki tugas dan wewenang secara independen.

Tugas dan wewenang tersebut antara lain mengelola dan mengembangkan harta wakaf baik dalam lingkup nasional maupun internasional, memberikan arahan dan juga pandangan kepada pemerintah dalam mengelola wakaf dan membuat kebijakan, mengelola nazir, membuat kebijakan dalam mengelola maupun memberhentikan nazir, sebagai pemberi persetujuan pada perubahan status harta wakaf. Haapan kedepan adanya badan wakaf Indonesia mampu mendorong pengelolaan wakaf Indonesia menjadi lebih baik dan bisa menjadi manfaat bagi pelayanan sosial kepada masyarakat maupun perekonomian nasional. Salah satu inovasi terbaru pada dunia perwaqafan adalah cash waqh linked sukuk atau biasa dikenal dengan surat utang syariah dengan berbasis wakaf uang. 

Pemerintah Indonesia merespon hal ini dengan positif bahwa pengembangan dan keuangan ekonomi syaraiah harus memperhatikan beberapa aspek sesuai dengan arahan para ulama. 

Ada beberapa hal yang masih menjadi prioritas pemerintah seperti mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah dalam hal ini seperti industri halal, keuangan syariah, keuangan sosial syariah, dan bisnis syariah. Bank Indonesia selaku bank sentral juga mendukung inovasi ini sebagai salah satu inovasi yang nantinya bisa mendukung keuangan ekonomi syariah. 

Selain itu harapan dari Bank Indonesia inovasi ini juga harus didukung oleh sebauh fatwa yang dapat meningkatkan perkembangan kemaslahatan umat islam. Cash waqh linked sukuk merupakan salah satu terobosan baru yang layak dikembangkan di negara yang meyoritas warganya adalah islam sesuai dengan prinsip syariah. 

Hal ini juga diharapkan sebagai alternatif dalam mempercepat pemulihan perekonomian nasional. Seperti diketahui bahwa setelah adanya pandemi Covid 19 kondisi perekonomian di setiap negara dirasa sangat tidak stabil tidak terkecuali pada kondisi perekonomian di Indonesia. Berbagai upaya dan kebijakan sudah dilakukan oleh pemerintah dengan bekerja sama pada berbagai pihak seperti Bank Indonesia dalam upaya untuk menstabilkan keadaan perekonomian nasional.

Salah satu dampak adanya pandemi Covid 19 terjadi pada para pelaku UMKM dimana UMKM selalu berkontribusi dalam menyumbang pendapatan nasional. Adanya inovasi cash waqh linked sukuk ini bisa menjadi solusi dalam  pembiayaan UMKM dan juga pemberdayaan masyarakat melalui UMKM yang tersebar di berbagai daerah. 

Selain bisa menjadi pembiayaan dan pemberdayaan UMKM inovasi cash waqh linked sukuk bisa menjadi pembiayaan pembangunan infrastruktur sosial, penyedia sarana kesehatan yang bebas biaya untuk para kaum dhuafa, bisa juga sebagai pemanfaatan lahan non produktif dan juga program sosial lainnya sehingga bisa diartikan bahwa inovasi cash waqh linked sukuk ini diharapkan bisa mengoptimalkan setiap program sosial yang ada.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN