Mohon tunggu...
Giens
Giens Mohon Tunggu... Penulis - freelancer

I like reading, thinking, and writing.

Selanjutnya

Tutup

Gadget

What? Mbah Gugel Tebak Lagu Hanya dari Siulan?

20 Juni 2021   19:11 Diperbarui: 20 Juni 2021   19:19 869
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Tangkapan layar-Dokpri)

Sebuah kejutan (lagi) saya temui pagi tadi. Dari Mbah Gugel. Niatnya mencari informasi berbentuk teks atau artikel. Akan tetapi, berkali-kali, telunjuk saya selalu saja menyenggol ikon berbentuk mikrofon di kotak pencarian Google di ponsel saya. Hingga muncul tawaran pencarian lagu. Search a song, begitu tawaran yang tertulis di tombolnya. Penasaran, saya pun mencoba mencoleknya.

Eh, muncul tulisan:

            Play, sing or hum a song....

Apa itu maksudnya? Agak kaget saya. Apa iya Mbah Gugel (sudah) secanggih itu? Penasaran, saya ikuti saja. Saya pilih opsi yang "hum a song" itu. Jadi, saya cuma menyuarakan hmm..hmm..hmm dan seterusnya seperti bergumam tapi dengan nada (lagu) tertentu, lalu saya tunggu.

Beberapa kejap terlihat tulisan Listening ...... Still working ...., lalu Almost There... dan

AJAIB!

Dari gumaman itu muncul 3 judul lagu teratas. Memang terdeteksi hanya 9% kecocokan, tapi benar lagu itu yang saya maksudkan. Lagu berjudul Mmm Mmm Mmm Mmm yang dinyanyikan oleh Crash Test Dummies. Tentu bukan karena liriknya yang sama-sama gumaman "mmm mmm mmm"  itu yang menjadikan Mbah Gugel menganggapnya cocok dengan suara yang saya masukkan, melainkan karena kecocokan nadanya saat saya menggumamklan reff-nya tadi. Meski yang saya ucapkan itu "la la la la" atau "ngek ngek ngek ngek", asalkan nadanya sama, hasilnya akan sama.

KEREN lah!!

Namun, di samping rasa takjub itu, saya juga menyesal, mengapa tidak dari dulu Mbah Gugel bikin beginian? Sudah cukup babak belur saya berjuang mencari dan menemukan lagu-lagu yang menemani masa kecil dan masa sekolah saya. Lagu-lagu yang tak ketahuan judulnya (oleh saya) dan hanya saya tahu nada-nadanya.

Lagu Felicidad milik Boney M. akhirnya saya temukan setelah browsing dan mendengarkan hampir semua lagu-lagu Boney M di internet. Itu lagu saat saya masih TK, lagu yang biasa diputar  di radio setelah berita RRI jam 6 pagi, pas mau berangkat sekolah. Juga lagu genre disko 80-an yang ternyata berjudul "Hands Up" dan ternyata pula dinyanyikan oleh The Ottawan. Saya semula mengira itu lagu Boney M. sehingga saya mencarinya di album-album Boney M. Pantas saja bertahun-tahun tak ketemu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun