Mohon tunggu...
Bilgi
Bilgi Mohon Tunggu... Petani - Petani kopi

Bertani, melukis dan bersahabat dengan alam

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Cat dan Canvas sebagai Sarana Bermain yang Menyenangkan

29 Juli 2021   12:05 Diperbarui: 6 Agustus 2021   00:20 149 21 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cat dan Canvas sebagai Sarana Bermain yang Menyenangkan
Bermain warna (dok. Pri)

Zaman sekarang, hp telah menjadi candu tersendiri bagi Anak-anak. Baik bermain game online atau sekedar nonton  youtube, anak-anak betah menghabiskan waktu berjam jam menatap layar hp. Dimulai saat bangun tidur hingga tidur lagi. Hal ini sering terjadi dikarenakan pola asuh orang tua terhadap anak, yang sering membiarkan anak bermain hp dengan alasan sang anak akan menjadi betah dan tidak rewel.

Namun hal demikian jika berlangsung terus menerus akan berdampak pada tidak stabilnya emosi sang anak, juga dampak buruk terhadap fisik berupa kelelahan pada indra pengelihatan.

Selaku orang tua yang bertanggung jawab terhadap tumbuh kembangnya anak. Kita harus bijak membatasi dan mengarahkan serta memilih alat yang tepat untuk bermain dan belajar bersama anak anak.

Salah satu sarana edukasi yang cukup disenangi oleh anak anak adalah melukis. Namun tentu bukan melukis layaknya pelukis profesional, dengan peralatan yang lengkap dan mahal.

Disini saya akan berbagi cara bermain dan belajar bersama sang bua hati menggunakan media cat dan canvas.

Hal pertama yang harus disiapkan adalah menyediakan satu bidang canvas lukis yang terbuat dari kain belacu yang ditempelkan diatas spanram. Kemudian kain tersebut dilapisi dengan cat tembok sebagai dasar, dengan warna putih. Selain itu, sebagai pewarna gunakan cat akrilik, yang bisa dibeli di toko alat tulis. Sebagai pelengkap tentu kuas dan palet warna juga harus disiapakan.

Kegiatan melukispun siap dimulai. Pertama tama cari lokasi tempat duduk yang nyaman. biasanya lokasi diluar rumah akan lebih diminati oleh anak anak, selain cahayanya terang juga membuat pandangan lebih luas. Selanjutnya tempatkan cat keatas wadah atau palet warna, bisa dari piring ataupun papan. Selain itu tempat cuci tangan dan mencuci kuas juga disiapkan.

Setelah semuanya disiapkan sang anak bisa langsung menggoreskan setiap warna pada canvas lukis. dari sini si anak akan melihat langsung setiap warna yang ia campur akan membentuk warna yang baru, biru dicampur kuning akan menjadi hijau, begitu juga bila merah dicampur putih akan menjadi merah muda. Begitu pun warna warna lainnya. 

Selain belajar mengenal campuran warna, kegiatan ini juga berguna untuk mengekspresikan perasaan si anak. Melalui gambar bentuk dan pola serta garis garis yang ia goreskan.

Tentu saja anak anak akan senang dan betah berlama lama dengan bermain main warna pada canvas ini. Kegiatan ini patut anda coba bersama buah hati anda dirumah.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN