Lingkungan Pilihan

Menanam Sifat Mencintai Lingkungan bersama CleaneeJKT

6 Desember 2018   11:57 Diperbarui: 7 Desember 2018   06:57 235 0 0
Menanam Sifat Mencintai Lingkungan bersama CleaneeJKT
DOKUMENTASI PRIBADI

"kebersihan adalah sebagian dari iman" merupakan slogan yang tak lazim lagi bagi masyarakat. Begitu juga slogan #bersihitukeren yang diusung oleh CleaneeJKT. Jika bukan kita lalu siapa lagi?

Komunitas yang dibuat oleh mahasiswa Universitas Bakrie jurusan Ilmu Komunikasi ini mampu menarik perhatian warga Jakarta saat mereka melakukan aksi kampanye sosial di CFD, Minggu 2 Desember 2018. 

Kampanye sosial dengan tema "Plogging Keren" bertujuan agar masyarakat lebih meningkatkan kesadaran membuang sampah di tempatnya. Beberapa mahasiswa membawa trash bag sebagai tempat sampah dan menyuguhkannya terhadap masyarakat yang membawa sampah khususnya sampah plastik. 

Menurut Zaky, selaku ketua dari komunitas tersebut, hal ini cukup efektif untuk masyarakat yang ingin membuang sampah sehingga masyarakat tidak membuang sampah sembarangan. "terbukti kok pada buang sampah dan banyak inisiatif pas udah liat ada trash bag." Ujar Zaky.

Tidak hanya melalui CFD, CleaneeJKT juga melakukan aksinya di sejumlah sekolah-sekolah yang dikenal dengan sebutan "CleaneeJKT Goes To School" untuk mengedukasi anak bangsa tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya. 

Dilansir dari media sosial Instagram Cleanee Jakarta Project (@CleaneeJKT), antusiasme dari anak-anak pun cukup baik. Selain kampanye sosial peduli lingkungan di beberapa tempat, CleaneeJKT cukup aktif mempublikasikan visi dan misi mereka melalui media sosial. Banyak postingan yang informatif dengan visualisasi yang indah dilihat untuk menyadarkan para masyarakat bahwa membuang sampah sembarangan memiliki banyak dampak negatif.

Kita tidak dapat pungkiri bahwa membuang sampah bagi sebagian masyarakat masih dianggap remeh. Ketersediaan akan tempat sampah menjadi salah satu alasan kuat mengapa masyarakat malas dan memilih untuk membuang sampah sembarangan. Ada yang memilih untuk membuang sampah di kali, jalanan, hingga laut. Dampak yang ditimbulkan dari hal tersebut yaitu munculnya berbagai macam penyakit, banjir, hingga pencemaran lingkungan. Ekosistem lingkungan pun terganggu karena sampah jika masyarakat masih membuang sampah sembarangan. Sebagian besar masyarakat masih tabu akan pentingnya membuang sampah yang baik.

Berkat komunitas ini, masyarakat mulai sadar untuk menjaga lingkungan khususnya masyarakat Jakarta. Tidak heran jika kampanye sosial yang dilakukan oleh CleaneeJKT sukses dikenal dan patut diacungi jempol. CleaneeJKT juga menggandeng beberapa komunitas seperti trashhero dan mpok Bekasi untuk menyadarkan masyarakat lebih luas lagi bahwa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya sejak dini. Melalui komunitas CleaneeJKT, diharapkan agar masyarakat tetap menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya. Ghina Hana (03/12/18)