Mohon tunggu...
ghinaa najibah
ghinaa najibah Mohon Tunggu... Mahasiswa - International Relation'20

the result of something that has been done

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sikap OKI atas Dukungannya terhadap Diplomasi Islam

25 September 2022   03:30 Diperbarui: 25 September 2022   06:32 59 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Organisasi Kerjasama Islam (OKI) merupakan organisasi antar pemerintah khusus untuk negara-negara pemeluk Islam di dunia. Dengan timbulnya isu-isu yang menerjang berbagai Kawasan terutama di bagian timur yang mengandung isu keagamaan, akhirnya OKI terbentuk oleh negara-negara yang memiliki mayoritas pemeluk Islam dan saling menggabungkan diri bersama negara Islam lainnya. Organisasi tersebut bertujuan untuk memudahkan negara dalam meraih kepentingan nasionalnya tanpa disertainya perang, dan menumbuhkan rasa solidaritas yang berujung pada terbentuknya persatuan umat Muslim.

Awal mulanya OKI hanya terfokus pada satu permasalahan yang menimpa Palestina, namun akhirnya OKI juga terobsesi dengan kesejahteraan seluruh umat Islam di seluruh dunia dengan sistem promosi dan ekspansi terhadap organisasi dunia untuk menjalin kerja sama antar negara, khususnya negara Muslim.

Diplomasi merupakan akses bagi negara untuk mencapai kepentingan nasionalnya, inti dari diplomasi pun sangat berkaitan dengan seni, praktek, proses dan kegiatan negosiasi suatu negara terhadap negara lain. Diplomasi tidak hanya sebatas mengirim perwakilan negara dan negosiasi, melainkan diplomasi menyangkut aktor, isu, kepentingan nasional. Sehingga dapat dipahami bahwa diplomasi berkaitan dengan seluruh aktivitas hubungan internaasional. Diplomasi konvensional yang saat ini sering digunakan oleh pemerintah dianggap memiliki banyak kelemahan, karena diplomasi tersebut akan mengumpulkan berbagai macam cara untuk meraih kepentingan nasional seperti halnya pemaksaan dan penekanan. Sedangkan Diplomasi Islam memiliki prinsip yang berbeda dengan diplomasi tersebut, diplomasi Islam memiliki gagasan rahmatan lil 'alamin dan berlandaskan atas perspektif Islam, gagasan tersebut mengutamakan perdamaian dan kerja sama dalam hubungan Internasional, dan juga menghindari perang kecuali jika terpaksa. Diplomasi Islam tersebut, membentuk perubahan dengan menanamkan prinsip diplomasi dan prinsip hukum Internasional.

OKI memiliki peran sangat penting dalam pembentukan strategi atas dukungannya terhadap implementasi diplomasi Islam. Dengan berbagai program, seperti mengadakan pertemuan atau konferensi tingkat tinggi internal OKI dalam mengutik suatu masalah yang melibatkan negara OKI lainnya. Terdapat dua pertemuan besar dalam OKI, yaitu Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) dan pertemuan Menteri Luar Negeri. OKI juga bekerja sama dengan PBB dengan tujuan melindungi dan mempertahankan kepentingan umat Islam serta mencari solusi dalam menyelesaikan Konflik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan