Mohon tunggu...
Ghilman Faza
Ghilman Faza Mohon Tunggu... Mahasiswa

Allahumma Yassir Walaa Tu’assir

Selanjutnya

Tutup

Transportasi

Grab Permudah di Zaman 4.0

3 Desember 2019   21:10 Diperbarui: 3 Desember 2019   21:19 0 0 0 Mohon Tunggu...

Dari tahun ke tahun kemajuan sains dan teknologi semakin pesat berkembang  yang berdampak langsung kepada kehidupan masyarakat Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari mudahnya masyarakat Indonesia untuk mengakses Internet dan kepemilikan smartphone. Salah satu kemudahan yang didapatkan ada di bidang start up layanan transportasi. Contoh start up ternama adalah Grab.

Grab, sebuah perusahaan penyedia jasa transportasi yang namanya sudah tak asing lagi, khususnya di Asia. Sebagai salah satu perusahaan penyedia jasa transportasi terbesar di Asia Tenggara, perjuangan Grab tidaklah mudah untuk capai kepopuleran, seperti sekarang.

Sebelumnya, Grab memiliki nama GrabTaxi. Perubahan nama menjadi Grab karena pendirinya, Anthony Tan, ingin perusahaannya mudah diingat oleh semua konsumennya. Dalam mengembangkan bisnisnya, Anthony Tan memulai semuanya dari nol dan melewati perjalanan panjang. Hingga akhirnya bisa berkembang sebesar ini, tentu Anthony memiliki kiat-kiat suksesnya. Ada sosok Anthony Tan di balik kesuksesan masif Grab. Siapakah dia? Mari kita mengenal lebih dekat sosok Anthony Tan, sang pendiri Grab!

Seperti yang diketahui, layanan dengan konsep serupa juga telah hadir di Indonesia dengan nama GoJek. Aplikasi ini bahkan telah melebarkan sayap ke sektor pesan antar makanan.

Layanan terbaru ini beroperasi menggunakan platform yang sama, dimana menawarkan pengalaman berkendara yang mulus bagi mereka yang mencari pilihan taksi atau ojek, serta mampu memenuhi berbagai kebutuhan transportasi dalam satu aplikasi. Sejauh ini, Grab sudah beroperasi di Asia Tenggara yaitu Singapura, Filipina, Malaysia, Thailand, Vietnam dan khususnya Indonesia.

Di Indonesia, saat ini Grab  sebagi #Aplikasiuntuksemua memberi empat layanan berupa GrabTaxi, GrabCar, GrabBike yang memberi layanan ojek online, dan GrabExpress selaku kurir instan. Dengan adanya Aplikasi Grab diharapkan Jaringan area penjemputan akan terus bertambah dalam setiap minggunya, seiring dengan berkembangnya layanan.

Untuk cara pemesanan Grab :

  • Download aplikasi Grab di Play atau App store, lalu lakukan aktivasi
  • Pilih ikon layanan Grab 
  • Masukan lokasi penjemputan dan pengantaran
  • Tekan 'Book'
  • Setelah dapat pengemudi, pengguna dapat menunggu hingga pengemudi datang.

Untuk Soal keamanan, Grab menegaskan hal tersebut adalah yang terpenting. Dengan GrabBike, bepergian menggunakan ojek sekarang terjamin keamanannya dan terasa lebih nyaman.

Adapun beberapa fitur keamanan kunci dalam GrabBike adalah rute perjalanan yang dapat dilacak secara langsung dan identitas pengemudi (nama, plat nomor, nomor ponsel serta foto diri) yang dapat segera diketahui saat pengguna melakukan pemesanan.

Pengguna juga dapat membagikan detail informasi perjalanan kepada orang-orang terdekatnya secara real-time melalui fungsi Share My Ride yang terdapat di aplikasi GrabTa

Ditengah kemudahan dalam proses penggunaannya, Grab memiliki cara kerja yang cukup rumit dan tidak sesederhana seperti yang dibayangkan. Contohnya dalam hal Komponen Sistem Informasi yang dimiliki Grab tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN